Karyakepri.com
Editor's Picks Kepri Nasional

Jalanka Intruksi Pusat, BKKBN Lingga Minta Warganya Tunda Kehamilan

Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Lingga meminta agar masyarakat Lingga untuk menunda kehamilannya selama pandemi corona ini.(Photo:Net)

LINGGA, KARYAKEPRI.com – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Lingga meminta agar masyarakat Lingga untuk menunda kehamilannya selama pandemi corona ini.

Hal ini dilakukan berdasarkan petunjuk dan arahan dari Pemerintah Pusat khususnya dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terkait penundaan kehamilan di masa pandemi Covid-19.

Kabid Kependudukan dan Keluarga Berencana Dinkes PPKB Lingga, Lian Dwi Santy membenarkan pihaknya sudah mendapat petunjuk dan arahan dari BKKBN terkait penundaan kehamilan di masa pandemi Covid-19 ini.

Bahkan Lian Dwi mengaku hal itu langsung diintruksikannya ke seluruh masyarakat Lingga melalui puskesmas dan kader posyandu diseluruh pelosok Kabupaten Lingga.

“Sebenarnya sejak masuk Pandemi kami sudah menginformasika ke masyarakat untuk menunda kehamilanya dan begitu mendapatkan intruksi dari BKKBN pusat, hal ini kembali kami sosialisasikan ke tengah masyarakat,” kata Lian, Kamis (4/6/2020).

Meski saat ini Lingga termasuk zona hijau dan sedang tahap menjalankan New Normal, namun himbauan ini tetap terus dilakukan melalui sejumlah kader posyandu dan majelis taklim yang ada di Lingga.

“Hal ini bertujuan agar tidak ada ibu hamil nantinya yang mengalami sakit, sebab wanita yang sedang hamil rentan akan penyebaran virus cobid-19 tersebut,” jelas Lian.

Seperti di Ketahui Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo menghimbau masyarakat tidak hamil dulu selama wabah Covid-19 atau Virus Corona ini. Sebab saat ini merupakan masih masa kritis sehingga harus ditunda terlebih dahulu. (kep)