Karyakepri.com
Editor's Picks Ekbis Kepri

Pemadaman Listrik Hambat Pemeriksaan Tes Swab di BTKLPP Batam

bright PLN Batam.(Photo:Ist)

BATAM, KARYAKEPRI.com – Masih terkendalanya suplai listrik dari bright PLN Batam, hingga terjadinya pemadaman bergilir memiliki dampak negatif untuk semua pihak.

Salah satunya aktivitas pemeriksaan tes swab tenggorokan, yang berfungsi untuk mengetahui apakah terkonfirmasi positif atau negatif, yang saat ini dilakukan oleh Badan Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam.

Akibat pemadaman listrik, hasil pebgecekan yang dilakukan BTKLPP Batam tidak berjalan dengan maksimal.

Kepala BTKLPP Kelas I Batam Ismail berharap agar di wilayah sekitar BTKLPP kelas I Batam penggiluran pemadamannya dilakukan di malam hari.

Mengingat, untuk siang hari mereka dituntuk untuk lebih maksimal dalam melakukan pemeriksaan yang meliputi pemeriksaan unboxing, ekstraksi, mixing dan pcr.

“Kamis kemarin saja banyak pemeriksaan yang tertunda akibat pemadaman listrik, sehingga hasilnya tidak maksimal,” kata Ismail melalui telepon, Jumat (5/6/2020).

Ismail mengaku kalaupun ada pemadaman bergilir, dirinya berharap disekitar wilayah BTKLPP dilakukan sore hingga malM hari saja, sebab mereka bisa bekerja secara maksimal melakukan pemeriksaan diaiang hari.

“Kami memang ada genset, tapi tidak begitu maksimal karena dayanya kecil, sementara ruang pemeriksaan ada empat ruangan,” terang Ismail.

Adapun pemeriksaan yang masih terkendala hingga saat ini yakni pemeriksaan unboxing 50 sampel, kemudian antri 350 ekstraksi. Belum lagi masuk ke mixing dan pcr.

“Untuk sempel sampai saat ini sama sekali tidak ada pengaruhnya, hanya saja waktu pemeriksaan yang menjadi terkendala,” ungkapnya.

Ismail mengaku hingga saat ini pihaknya telah melaporkan keluhannya ini ke Wali Kota Batam, Kadis Keaehatan Batam hingga bright PLN Batam.

“Mudah-mudahan bisa secepatnya dinyalakan, karena pemadaman di sini sejak pukul 10.00 WIB siang tadi dan hingga pukul 15.05 WIB belum juga menyala,” ungkap Ismail.

Dengan terjadinya pemadaman ini, Ismail mengaku pihaknya hanya bisa melakukan pemeriksaan PCR saja, sebab genset yang dimiliki memang tidak cukup untuk mensuplai ke empat ruangan pemeriksaan yang ada.

Dibagian lain, Humas bright PLN Batam Furqon mengatakan akan langsung mengkoordinasikan keluhan ini dengan tim teknis dilapangan.

Sebab pemadaman ini bukan disangaja melainkan murni proses dari gangguan alam dan saat ini sedang proses pemulihan.

“Terimakasih informasinya, akan segera kami koordinasikan dengan tim teknisi dilapangan agar bisa diakomodir karena untuk kemaslahatan orang banyak,” pungkas Furqon melalui telepon, Jumat (5/6/2020). (*)