Karyakepri.com
Editor's Picks Ekbis Kepri Nasional

Pememerintah Daerah Diminta Menyiapkan Peta Strategi Pemulihan Ekonomi

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Promosi dan Investasi, Justinus Tan.(Photo:Karyakepri/nas)

JAKARTA, KARYAKEPRI.com  – Langkah pemerintah pusat yang meminta pemerintah daerah menyiapkan peta strategi untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid 19 yang kini tengah melanda dunia perlu direspon cepat.

Hal ini bertujuan agar pemulihan ekonomi di masing-masing daerah bisa lebih cepat dan terarah dalam hal pemulihan ekonomi yang telah terseok-seok pasca dihantam corona.

Seperti UMKM, pariwisata, konstitusi hingga transportasi, sektor ini lah yang paling berdampak saat corona melanda.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Promosi dan Investasi, Justinus Tan meminta pemerintah pronvinsi dan kabupaten kota secepatnya melakukan pemulihan ekonomi.

Pasca pandemi Covid-19, sambungnya, pemerintah daerah harus lebih inovatif untuk melakukan terobosan, sehingga tidak membebankan pengusaha dengan biaya tinggi dari pajak-pajak daerah.

“Secepatnya melakukan reformasi birokrasi, dan pajak-pajak daerah tidak membebankan sehingga bisa memulihkan perekonomian masing-masing,” kata Justinus, Senin (8/6/2020).

Justunis berharap, pemerintah daerah bisa bekerja sama dengan Kadin untuk memberikan masukan dan keluhan-keluhan pengusaha, agar pemerintah tidak salah mengambil langkah membuat kebijakan yang strategis.

“Kami menyambut baik Pemprov Kepri yang akan membentuk tim recovery ekonomi Kepri,” ujarnya.

Kadin Kepri mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Pemprov Kepri dengan secepat mungkin merecovery ekonomi.

Menurut dia, ketepatan dan kecepatan pemerintah dalam mengambil keputusan sangat membantu para pengusaha yang ingin menangkap momentum hengkangnya pabrik-pabrik dari China.

Peluang mencaplok investor yang hengkang di China sangat besar mengingat kemampuan dan kapasitas negara Indonesia yang masih sangat luas.

“Kesiapan dan kesigapan pengusaha akan menentukan kenaikan pertumbuhan ekonomi yang sekarang minus menjadi plus,” katanya. (jak)