Karyakepri.com
Kepri Politik

Warga Batam Tolak Dinasti Politik Rudi

Spanduk yang bertuliskan ‘Kami Warga Kota Batam Mendukung Isdianto dan Marlin sebagai Pasangan Cagub dan Cawagub pada Pilkada Kepri 2020’ ini terlihat di sejumlah tempat di Batam, seperti di sepanjang jalan Batuampar, beberapa waktu lalu. (Photo: ist)

BATAM, KARYAKEPRI.com – Warga Batam meminta Wali Kota Batam sekaligus Ketua DPW NasDem Kepri Muhammad Rudi untuk tidak mengajukan istrinya Marlin Agustina sebagai peserta Pilkada Kepri Desember 2020 mendatang. Hal tersebut disebabkan Marlin yang tidak memiliki latarbelakang seseorang yang berhasil dalam memimpin suatu organisasi atau perusahaan besar.

“Janganlah istrinya yang didorong untuk menjadi kepala daerah. Karena kepala daerah harus yang benar-benar bisa memimpin dan memiliki kompetensi khususnya membangkitkan perekonomian Kepri pada umumnya dan Kota Batam pada khususnya,” kata salah satu tokoh wanita Batam, Siti Nurbaya kepada Karyakepri.com, Selasa (16/6/2020).

Selain itu juga menurutnya, dinasti politik ini juga akan sulit mewujudkan cita-cita demokrasi, karena tidak terciptanya pemerintahan yang baik dan bersih.

“Fungsi kontrol kekuasaan melemah dan tidak berjalan efektif, sehingga kemungkinan terjadinya penyimpangan kekuasaan seperti korupsi, kolusi, dan nepotisme,” katanya.

Siti menambahkan, sisi negatif lainnya dari dinasti politik di Kepri akan membuat orang yang tidak kompeten memiliki kekuasaan. Hal sebaliknya juga bisa terjadi, di mana orang yang kompeten menjadi tidak dipilih karena alasan bukan keluarga.

“Dan masih banyak lagi. Untuk itu agar Pak Rudi kembali mempertimbangkan lagi jika ingin mencalonkan Bu Marlin di Pilkada Kepri. Ini semua demi kepentingan kita semua masyarakat Kepri,” ujarnya. (atm)