Karyakepri.com
Editor's Picks Metro

Pemko Batam Akui Tak Bisa Batasi Indomaret & Alfamart

DPRD Batam menggelar RDP bersama FORPPI Batam dab Pemko Batam di Ruang Rapim DPRD Batam, Senin (22/6/2020). Foto Istimewa

BATAM, KARYAKEPRI.com – Pemko Batam mengakui tidak bisa membatasi keberadaan Indomaret dan Alfamart. Hal tersebut karena pengurusan izin sudah melalui sistem One Single Submission (OSS) yang langsung berurusan dengan pemerintah pusat melalui kementerian terkait.

“Kita tidak bisa halangi mereka untuk beroperasi atau menambah gerai jika sudah memenuhi syarat. Karena sekarang semua perizinan usaha sudah menggunakan sistem OSS yang langsung terhubung ke pemerintah pusat,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Batam Firmasnyah dalam RDP bersama FORPPI Batam di DPRD Batam, Senin (22/6/2020).

Saat ini, katanya pemerintah daerah tidak bisa mencegah jika ada pengajuan penambahan gerai. Pihaknya pernah mencoba membatasi keberadaan Indomaret dan Alfamart di Kota Batam. Namun usaha itu mendapatkan teguran dari Ombudsman.

Baca juga : Menjamurnya Indomaret & Alfamart, DPRD Beri Pemko Batam Rapor Merah

“Itulah salah satu kelebihan dan kekurangan dari sistem OSS ini. Kami juga tidak tahu ada penambahan. Setelah dicek di sistem baru kami bisa tahu ada penambahan,” ujarnya.