Karyakepri.com
Editor's Picks Metro

FORPPI Tawarkan Indomaret dan Alfamart Dimiliki Pedagang Lokal

Ketua FORPPI Kota Batam, Muhammad Noer.

KARYAKEPRI.COM, BATAM – Ketua Forum Pengusaha Pribumi Indonesia (FORPPI) Kota Batam Muhammad Noer meminta Pemko Batam mengurangi jumlah gerai Indomaret dan Alfamart di Batam yang sudah melebihi kuota.

Saat ini, ada 194 gerai Indomaret dan 167 gerai Alfamart. Total gerai keduanya ada sebanyak 361 gerai di seluruh penjuru Kota Batam. Tak hanya di daerah perkotaan, gerai Indomaret dan Alfamart menjamur hingga pelosok kampung.

“Bicara masalah pengurangan, polanya bisa dengan cara take over. Artinya gerai Indomaret dan Alfamart ini bisa di-take over atau dimiliki oleh pedagang lokal Batam,” ujarnya, Selasa (30/6/2020).

Baca juga: Ternyata Indomaret & Alfamart Tidak Ada Kontribusi ke PAD Batam

Menurut dia, pola ini sudah diterapkan oleh sejumlah daerah di Indonesia di mana Indomaret dan Alfamart masuk ke daerah tersebut, namun bisnis yang dijalankan tak mematikan pedagang lokal.

“Hal ini didudukkan bersama oleh pemerintah daerah, dengan peran langsung dari bupati atau wali kota melalui instansi terkait memfasilitasi antara pedagang lokal dengan Indomaret dan Alfamart,” katanya.

Ia mengatakan, nanti didalamnya diatur pola kerja sama antara Indomaret dan Alfamart bersama pedagang lokal. Berapa investasi atau modal kerja sama yang ditanamkan pedagang lokal dalam menjalin kerja sama tersebut.