Karyakepri.com
Editor's Picks Metro

Simpan Sabu di Sepatu, Dua Calon Penumpang Lion Air Ditangkap

Barang bukti 973 gram sabu diamankan dari dua kurir narkoba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam. (Photo: bea cukai batam)

KARYAKEPRI.COM, BATAM – Bae Cukai Batam menangkap dua kurir narkoba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Minggu (26/6/2020).

Pelaku yang diamankan berinisial F dan AD, calon penumpang pesawat maskapai Lion Air tujuan Surabaya. Petugas menyita delapan paket sabu seberat 973 gram yang disimpan di dalam sepatu.

Baca juga: Pemerintah Pusat Libatkan Kepri Kelola Labuh Jangkar

“Pengungkapan ini berawal dari kecurigaan petugas Bea Cukai Batam dan Avsec Hang Hadim terhadap pelaku F,” kata Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan ​​​​​​​Layanan Informasi (BKLI) Bea Cukai Batam, ​​​​​​​​Sumarna, Kamis (2/7/2020).

Saat dilakukan penggeledahan dan pemeriksaan badan terhadap pelaku, petugas menemukan empat bungkus sabu di sepatu yang dipakai. “Dari interogasi, pelaku tak sendiri. Ia bersama pelaku lain yang sudah berhasil ke ruang tunggu dan naik pesawat yang sama,” ujarnya.

Dari informasi tersebut, petugas Bea Cukai melakukan sweeping di area ruang tunggu keberangkatan dan berhasil menemukan pelaku DA. Hasil penggeledahan ditemukan empat bungkus sabu yang juga diselipkan ke dalam sepatu.

Barang bukti delapan bungkus kemudian dilakukan uji Narcotic Idetification Kits(NIK), hasil identifikasi barang adalah methamphetamine (sabu). Pelaku dan barang bukti diserahkan ke Satnarkoba Polresta Barelang untuk penyelidikan lebih lanjut.

“Penindakan ini komitmen Bea Cukai Batam dalam pengawasan dan pemberantasan narkotika, psikotropika, dan prekursor (NPP) meski di tengah pandemi corona,” kata Suwarna. (atm)