Karyakepri.com
Editor's Picks Kepri Metro

Pangdam I/BB Resmikan Laboratorium PCR RSKI Galang

 

KARYAKEPRI.COM, BATAM – Panglima Kodam I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Irwansyah meresmikan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) berupa Streamline Swabbing Booth (SSB) dari PT Esco Bintan Indonesia di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, Minggu (5/7/2020) sore.

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Khusus Infeksi Galang Kolonel Ckm. Dr. dr Khairul Ikhsan Nasution mengatakan, bahwa bantuan PCR tersebut datang di RSKI Pulau Galang dua hari yang lalu dan telah terpasang.

“Sudah kita pasang tinggal menunggu vendornya (si penjual alat) untuk melakukan uji fungsi. Setiap alat medis datang kesini kan, harus dilakukan uji fungsi,” ujar Khairul kepada KARYAKEPRI.COM saat ditemui usai pelaksanaan peresmian Laboratorium PCR di RSKI Pulau Galang.

Setelah dinyatakan layak dan bagus, katanya, alat tersebut baru dapat beroperasi. Saat ini alat tersebut sudah ada di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Batam dan RSKI Galang.

“Dinyatakan layak, bagus dan tanda tangan, baru kita operasionalkan. Sebelum itu dilakukan, kita belum boleh mengoperasikan,” jelasnya.

Sementara itu, Pangdam I/BB Mayjen TNI Irwansyah selaku Pangkogasgabpad memberi pesan dorongan moril kepada para dokter, relawan, tenaga medis di RSKI Galang.

“Ini merupakan kunjungan pertama saya di Provinsi Kepulauan Riau. Setidaknya saya ingin mempelajari kondisi RS Pulau Galang sekaligus ingin memberikan dorongan moril kepada para dokter, relawan, tenaga medis yang ada disini. Saya ingin melihat kesiapan rumah sakit disini,” kata Mayjen TNI Irwansyah dalam sambutannya.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi serta mengaku bangga terhadap sinergitas prajurit TNI, Polri dan instansi terkait di Kepri, khususnya di Kota Batam.

Pangdam I/BB juga mengajak semuanya untuk bersama-sama melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan, sehingga tugas yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan mendapat nilai ibadah dari Allah SWT. (ilham)