Karyakepri.com
Editor's Picks Tanjungpinang

Cegah Barang Ilegal, Karantina Pertanian Tanjungpinang Patroli Laut

Petugas Balai Karantina Tanjungpinang memeriksa dokumen ABK di perairang Tanjungpinang, Kamis (9/7/2020). (Foto : ist)

KARYAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Balai Karantina Pertanian Kelas II Tanjungpinang melaksanakan patroli di perairan Tanjungpinang, Kamis (9/7/2020). Kegiatan tersebut untuk mencegah komoditas barang masuk ke Tanjungpinang. Ada pun lokasi yang dicek mulai dari Pelantar I, Pelantar II,Pelantar KUD, Kampung Bulang, Tanjung Moco dan Dompak.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Tanjungpinang, Raden Nurcahyo Nugroho mengatakan, patroli ini untuk memastikan bahwa yang sudah dilakukan oleh masyarakat sudah sesuai dengan prosedur dan ketentuan karantina pertanian.

“Sekaligus juga untuk mengidentifikasi beberapa titik yang kemungkinan jadi tempat pemasukan komoditi pertanian dan hewan ilegal,” katanya Rabu (9/7/2020).

Raden menyebutkan, saat berpatroli ditemukan kapal yang mengangkut barang dari Tanjungpinang kedaerah lain dengan membawa telur ayam, pada saat pengecekan semua kelengkapan sudah dipenuhi.

“Alhamdulillah dalam patroli laut tidak ada dijumpai yang pelanggaran,” sebutnya.

Patroli ini dilaksanakan bersama Bea Cukai, KSOP Tanjungpinang, Satpolair Polres Tanjungpinang dan Lantamal IV.

Lanjutnya, ke depan patroli laut ini terus dilaksanakan guna dapat mengetahui dan memetakan di wilayah mana saja tempat penyelundupan komoditi pertanian.

Untuk memastikan tidak adanya masuk komoditi ilegal, petugas Karantina telah ditempatkan di pelabuhan resmi dan bandara, sementara itu di pelabuhan tidak resmi dilakukan pengawasan rutin.

“Kedepannya, Karantina juga akan membuat peta zona rawan digital yang bisa digunakan untuk mengetahui titik mana saja merupakan zona rawan,” ujarnya. (momond)