Karyakepri.com
Editor's Picks Metro

Nongsa Digital Park & MRO Hang Nadim Ditetapkan Jadi KEK

 

KARYAKEPRI.COM, BATAM – Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menetapkan Nongsa Digital Park (NDP) dan Maintenance Repair & Overhaul (MRO) Batam Aero Technic di Bandara Hang Nadim Batam sebagai Kawasan Ekonomi Khusus.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi mengatakan, di lokasi MRO Batam Aero Technic telah disiapkan lahan seluas 30 hektare untuk kegiatan industri MRO. Nilai investasinya mencapai Rp6,2 triliun dan penyerapan tenaga kerja sejumlah kurang lebih 9.976 tenaga kerja.

“Para pilot juga dapat disewa untuk membawa pesawat yang butuh perbaikan. Artinya, ini bisa jadi pemasukan dan objek wisata baru juga,” kata Rudi di BP Batam, Jumat (10/7/2020).

Ia mengatakan fasilitas seperti ketersediaan infrastruktur dan dokumen administrasi telah dilengkapi untuk menjalankan KEK MRO Batam Aero Technic ini. Selain itu, lahannya juga dikuasai dan peruntukannya telah sesuai dengan Perpres No. 87 Tahun 2011 tentang RTR KSN BBK.

“kita harap satu atau dua bulan administrasinya akan selesai, dan Pemerintah akan membantu untuk operasionalnya,” katanya.

Lokasi kedua, kata Rudi adalah Nongsa Digital Park diperuntukkan bagi kegiatan pariwisata dan industri Digital Park. Kawasan ini dibangun di atas lahan seluas 166,45 hektare dengan nilai total investasi Rp 16 triliun; Rp1,092 triliun dari investasi pembangunan kawasan, dan Rp14,908 triliun lainnya dari investasi tenan.

Kawasan ini ditargetkan dapat menyerap sekitar 16.500 tenaga kerja. Hingga saat ini, sudah ada kurang lebih 1.395 tenaga kerja yang telah terserap.

“Pengusul untuk itu dari PT Taman Resor Internet (Tamarin). Progres semua sudah lengkap, tapi sebelum jalan harus kita dudukkan dulu sistemnya gimana. Harus ada satu sistem yang mengontrol arus keluar masuk barang,” katanya. (iwan)