Karyakepri.com
Editor's Picks Politik

Kader PAN Batam Tolak Dukung Rudi di Pilkada 2020

Ketua PAN Batam Safari Ramadhan bersama Wali KOta Batam Muhammad Rudi bertemu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Jakarta, belum lama ini. (Foto : ist)

KARYAKEPRI.COM, BATAM – Kader PAN Kota Batam menolak mendukung Muhammad Rudi atau petahana pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Batam Desember 2020 mendatang. Pemberian dukungan kepada Wali Kota Batam itu juga tidak sesuai dengan mekanisme partai.

Wakil Ketua PAN Batam, Martanius Heri mengatakan tidak pernah dilibatkan oleh Ketua PAN Batam dalam pemberian dukungan kepada Muhammad Rudi. Seharusnya, katanya, sebelum dukungan diberikan harus melewati beberapa tahapan sesuai dengan aturan main partai.

“Beberapa minggu lalu, PAN Batam melakukan pleno penjaringan Pilkada Batam. Di penjaringan ini, ada 12 nama calon. Sepuluh nama dari calon eksternal dan dua lagi dari internal PAN yang akan kita bawa ke DPP PAN. Dari jumlah tersebut itu, tidak ada nama Rudi mendaftar ke PAN Batam,” ujarnya, Senin (13/7/2020).

Menurutnya, Ketua PAN Batam Safari Ramadhan sudah melanggar aturan main yang sudah ditetapkan.

“Kami selaku pengurus partai juga, tidak pernah diajak bicara, tahu-tahu Ketua DPD PAN Batam mengambil sikap sendiri secara personal tanpa melibatkan partai,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kota Batam Safari Ramadhan yang dikonfirmasi terpisah membantah hal tersebut.

Menurutnya, dukungan yang diberikan DPD PAN Kota Batam kepada Rudi dan Amsakar sudah sesuai dengan mekanisme partai.

“Semua nama sudah saya kirim ke DPP. Bahkan kita juga sudah mendampingi inkumben uuntuk bertemu dengan Ketua Umum PAN. Dan bapak Zulkifli Hasan telah menyampaikan akan mendukung inkumben di Pilkada Batam,” kata Safari. (iwan)