Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

BC Karimun Gagalkan Penyeludupan 3.395 Roll Kain Tekstil

Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B menggelar pers rilis di Kanwil DJBC Kepri, Senin (20/7/2020). (foto : ricky)

KARYAKEPRI.COM, KARIMUN – Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B melakukan penindakan 3.395 Roll Kain Tekstil di Perairan Pantai Pelawan Desa Pangke Kecamatan Meral Barat, Selasa (14/7/2020).

Ribuan kain tekstil itu dibawa sarana pengangkut KM Karya Sakti dengan modus ditutupi menggunakan 49 buah kasur. Diperkirakan nilai barang itu mencapai Rp12,7 miliar.

Kepala KPPBC TMP B Tanjungbalai Karimun Agung Marhaendra Putra mengatakan, penangkapan KM Karya Sakti bermuatan ribuan kain tekstil itu berawal dari analisa informasi masyarakat terkait adanya upaya penyeludupan kain tekstil tujuan Indonesia.

“Penegahan dilakukan Kapal Patla milik BC di perairan pelawan. Saat ditegah, kapal dalam keadaan kosong dan diduga ABK kapal telah mengetahui pergerakan tim patroli BC dan melarikan diri,” kata Marhaendra dalam pers rilis di Kanwil DJBC Kepri, Senin (20/7/2020).

Marhaendra mengatakan, saat dilakukan pemeriksaan bersama perangkat RT dan RW setempat kapal tersebut terdapat ribuan kain tekstil dibawa dengan disamarkan menggunakan kasur.

“Pemeriksaan disaksikan oleh RT dan RW. Kita temukan diatas kapal ribuan roll kain tekstil yang ditutupi menggunakan kasur,” katanya.

Dari hasil perhitungan dilakukan pihaknya, 3.345 Roll Tekstil itu memiliki nilai Rp12.738.750.000 dengan potensi kerugian Rp4.962.558.405.

Ia mengatakan, pihaknya saat ini sedang menelusuri asal dan tujuan barang itu akan dibawa. Untuk sementara, pihaknya baru menyatakan bahwa Kain tekstil itu dibawa dari Malaysia dan dibawa ke Indonesia.

“Kita masih melakukan penyelidikan lebih mendalam terhadap kasus ini. Mengenai tujuan, tentunya bukan di Kepri, karena untuk wilayah kita tidak ada industrinya,” katanya.

Selain itu, penyidik saat ini juga sedang melakukan penulusuran terhadap pemilik barang dan kapal KM Karya Sakti.

(ricky)