Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

Warga Meral Barat Karimun Temukan Benda Diduga Proyektil

Warga Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Tebing dihebohkan dengan penemuan benda menyerupai proyektil peluru diduga bekas peninggalan jepang di tahun 1942, Selasa (21/7/2020). (foto : ricky/karyakepri)

KARYAKEPRI.COM, KARIMUN – Warga Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat dihebohkan dengan penemuan benda menyerupai proyektil peluru diduga bekas peninggalan jepang di tahun 1942, Selasa (21/7/2020) kemarin.

Proyektil peluru itu ditemukan oleh warga saat berkebun di lahan miliknya di kawasan Kelurahan Pasir Panjang. Perihal penemuan itu langsung dilaporkan ke Koramil 04/ Tebing untuk dilakukan pengamanan.

Danramil 04/Tebing, Kapten CPL E.S Nasution mengatakan, proyektil peluru itu saat ditemukan menimbulkan bunyi seperti hembusan angin.

“Ditemukan oleh warga bernama Kim Gu (52). Saat itu, ia diketahui sedang melakukan penggalian tanah timbunan dan tidak sengaja mengenai proyektil itu,” kata Danramil, Rabu (22/7/2020).

Ia mengatakan, penemuan proyektil itu langsung dilaporkan warga kepada aparat Babinsa Koramil 04/Tebing. Tidak menunggu lama, proyektil itu langsung diamankan ke Koramil 04/Tebing untuk menghindari hal tidak diinginkan.

“Setelah mendapatkan laporan, kita langsung ke lokasi. Dugaan kita, bunyi hembusan angin saat ditemukan itu, merupakan mesiu,” katanya.

Menurutnya, proyektil tersebut merupakan peluru dengan kaliber besar menyerupai peluru yang kerap digunakan tank Amphibi milik Marinir angkatan laut. Terdapat juga dugaan, bahwa proyektil tersebut merupakan jenis amunisi lama.

“Tapi saat ditemukan bahan peledak pendorong nya sudah rusak, jadi proyektil ujungnya saja,” katanya.

Danramil mengatakan, langkah selanjutnya proyektil itu akan dkserahkan kepada satuan berwenang untuk dilakukan pemusnahan. Hal itu bertujuan menghindari adanya hal tak terduga terjadi.

“Kita serahkan ke aparat yang berwajib,” katanya.

(ricky)