Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

PPDP Karimun Rampungkan 80 Persen Proses Coklit

PPDP Kabupaten Karimun telah menyelesaikan proses pencocokan dan penelitian terhadap Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pilkada 2020. (Foto : ricky/karyakepri.com)

KARYAKEPRI.COM, KARIMUN – Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) Kabupaten Karimun telah menyelesaikan 80 persen proses pencocokan dan penelitian terhadap Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pilkada 2020.

Proses pencocokan dan penelitian (Coklit) telah dimulai sejak 15 Juli 2020 kemarin, dan ditargetkan selesai pada 13 Agustus 2020 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Karimun Eko Purwandoko mengatakan, proses coklit untuk DP4 telah hampir rampung dilakukan oleh PPDP.

Bahkan, menurutnya ada 1 Kecamatan telah siap 100 persen dan tinggal melakukan rekap data untuk diserahkan ke Panitia Pemungutan Suara (TPS).

“Sampai hari ini sudah 80 persen selesai proses coklit. Kecamatan Buru telah 100 persen selesai, tinggal rekap data saja,” kata Eko, Rabu (29/7/2020).

Ia mengatakan, dalam proses Coklit petugas mengalami beberapa hambatan, khususnya di kawasan perkotaan wilayah Kabupaten Karimun.

“Kendala petugas itu di daerah perkotaan, karena masyarakat disana lebih tertutup. Jadi petugas harus beberapa kali datang untuk melakukan coklit. Berbeda dengan masyarakat Desa, petugas lebih mudah dalam mendapatkan data,” katanya.

Sampai saat ini dikatakan Eko, pihaknya belum ada menemukan data ganda saat proses pencocokan dan penelitian DP4. Pihaknya hanya menemukan data penduduk yang telah meninggal baru dan penduduk baru yang telah memiliki hak suara.

“Sejauh ini data ganda tidak ada. Kita hanya temukan sejumlah pemilih yang sudah meninggal dan juga pemilih baru,” ujar Eko.

Seperti diketahui, Sebanyak 557 PPDP disebar ke seluruh Kecamatan wilayah Karimun. Para petugas itu melakukan pencocokan dan penelitian terhadap 183.452 jiwa penduduk Karimun.

Nantinya, data – data hasil Coklit akan diserahkan ke PPS untuk selanjutnya ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementar (DPS).

(ricky)