Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

Perayaan Idul Adha, Rutan Karimun Potong 1 Sapi dan 2 Ekor Kambing

Ratusan warga binaan dan puluhan petugas Rutan menggelar salat id di Masjid At- Taubah Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun, Jumat (31/7/2020). (Foto : ricky/karyakepri.com)

KARYAKEPRI.COM, KARIMUN – Ratusan warga binaan dan puluhan petugas Rutan menggelar salat id di Masjid At- Taubah Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun, Jumat (31/7/2020).

Pelaksanaan salat tersebut berjalan dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Setiap jamaah yang masuk ke Masjid dilakukan pengecekkan suhu tubuh, wajib menggunakan masker dan mencuci tangan.

Kepala Pelayanan Tahanan Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun Novi Irwan mengatakan, pelaksanaan salat id di Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun berjalan dengan aman dan lancar.

“Pelaksanaan Salat Id digelar di masjid Rutan dengan penerapan Protokol Kesehatan Covid-19. Semuanya berjalan dengan lancar, dan pastikan semuanya aman,” kata Novi, Jumat (31/7/2020).

Ia mengatakan, saat ini kunjungan keluarga di Rutan Kelas II Tanjungbalai Karimun belum dapat dilakukan seperti biasa, meskipun pada saat perayaan Idul Adha.

Untuk komunikasi, dikatakan Novi pihaknya telah menyediakan fasilitas Video Conference untuk keluarga dan warga binaan yang ingin berkomunikasi.

“Kunjungan pembesuk ditutup sementara sejak Pandemi Covid- 19. Jadi keluarga hanya bisa berkomunikasi melalui sambungan video conference sementara ini,” katanya.

Meskipun, perayaan Idul Adha tanpa adanya keluarga, Novi mengatakan, warga binaan tetap dapat merasakan suasana lebaran di Rutan. Selain Salat Id berjamaah, pelaksanaan Kurban juga turut dilaksanakan dengan menyembeli 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

“Antusias warga binaan sangat tinggi tadi menyaksikan pemotongan hewan kurban. Kita hari ini memotong 1 ekor sapi sumbangan dari pak Sekda dan 2 ekor kambing Sumbangan Pegawai Rutan,”katanya.

“Kita ketahui juga, mereka sudah beberapa bulan tidak dibesuk oleh keluarga. Jadi menghindari mereka merasa depresi, kita buat suasana di rutan ini sama seperti di masyarakat biasa,” katanya.

Novi mengatakan, Daging hewan kurban itu selanjutnya dibagikan ke warga binaan sejumlah 381 orang penerima.

“Jadi kita bagikan ke warga binaan dan juga ada sedikit kepada pegawai. Nanti daging- daging itu apabila ingin mereka masak, kita siapkan dapurnya,” ujar Novi.

(ricky)