Karyakepri.com
Editor's Picks Metro

Salat Idul Adha di Masjid Sultan, Jamaah Doakan Covid-19 Segera Berlalu

Ribuan jamaah Salat Idul Adha di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Jumat (31/7/2020). (Foto: media centre)

KARYAKEPRI.COM, BATAM – Ribuan jamaah Salat Idul Adha Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah khusyuk mendoakan Batam dan Indonesia pada umumnya segera terbebas dari Pandemi Covid-19. Turut hadir Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad beserta istrinya, Erlita Sari Amsakar dan keluarga.

Dalam khutbahnya, KH Didi Suryadi menyampaikan, Idul Adha adalah momentum penuh nilai dan syarat makna. Menurutnya, ada dua hal yang menyertai hal ini yakni haji dan kurban.

Namun karena kini sedang Pandemi Covid-19, keduanya dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga:

Kasus Positif Corona di RI 30 Juli 106.336, Angka Kematian Tembus 5 Ribu

“Cobaan ini jangan menurunkan semangat beragama, dalam menjalankan fungsi khalifah dan pengabdian kepada Allah. Disamping ada hikmahnya, suasana ini mari jadikan ajang muhasabah diri,” ajak dia.

Sembari berusaha menekan penyebaran Covid-19 dengan menjalani protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Ia mengatakan cobaan maupun musibah akan selalu diikuti dengan pertolongan Allah.

“Kita sadari apa yang kita rencanakan tanpa ada pertolongan Allah akan sia-sia,” imbuhnya.

Untuk mendapat pertolongan Allah, Didi mengutip QS Al-Hajj. Pada ayat 40 surat tersebut berarti ‘Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Mahakuasa lagi Maha Perkasa’.