Karyakepri.com
Editor's Picks Internasional

Periode Haji, Masjidil Haram Dibersihkan 10 Kali Sehari

Petugas kebersihan melakukan bersih-bersih dan menyemprot disinfektan di sekeliling Ka'bah pada 1 Agustus 2020. (AFP) Foto: AFP/-

KARYAKEPRI.COM – Ibadah haji tetap digelar tahun ini meskipun dengan jumlah jemaah yang terbatas. Masjidil Haram secara rutin disemprot dengan disinfektan, dibersihkan sepuluh kali per hari, dan diguyur parfum.

Pandemi virus Corona membuat kuota haji dipangkas besar-besaran tahun ini. Pemerintah Arab Saudi hanya menyediakan slot haji kepada sekitar 10 ribu orang dengan sepertiganya warga lokal, barulah sisanya diberikan untuk ekspatriat.

Di tahun-tahun sebelumnya, ibadah haji biasanya diikuti hingga 2,5 orang dari berbagai belahan dunia.

Baca juga:

Dampak Resesi AS yang Bakal Dirasakan Indonesia

Pembatasan kuota itu untuk meminimalkan penularan virus Corona. Selain itu, protokol kesehatan lain juga diterapkan di Masjidil Haram. Termasuk, penyemprotan Masjidil Haram dengan disinfektan.

Arabnews melaporkan sekitar 2.400 liter cairan disinfektan digunakan untuk membersihkan dan mendisinfeksi Masjidil Haram setiap hari selama musim haji tahun ini. Dari total 2.400 liter itu, sekitar 1.500 liter disinfektan digunakan untuk permukaan lantai dan dinding, 900 liter sisanya untuk sterilisasi manual.