Karyakepri.com
Editor's Picks Internasional

Tambah Lagi ‘Musuh’ China: Selandia Baru

Foto: Bendera Hong Kong dan Bendera China (AP/Andy Wong)

KARYAKEPRI.COM – China kini “tegang” dengan Selandia Baru. Beijing, bahkan menangguhkan perjanjian ekstradisi Hong Kong dengan negara tetangga Australia ini.

Para pejabat China menyebut pemerintah Selandia Baru mempolitisasi kerja sama peradilan. Termasuk ikut campur dalam urusan luar negeri China.

Baca juga:

Rutan Karimun Cabut Asimilasi Narapidana Ei

“Ini merupakan pelanggaran serius terhadap hukum internasional dan norma-norma dasar yang mengatur hubungan internasional,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin dikutip dari South China Morning Post, Senin (3/8/2020).

“… merusak fondasi kerjasama peradilan wilayah administrasi khusus Hong Kong dengan Selandia Baru.”

Sebelumnya, Selandia Baru menjadi negara keempat dalam aliansi ‘Five Eyes’ yang memprotes penerapan UU Keamanan Nasional Hong Kong oleh China. Hal senada juga dilakukan Kanada, Inggris, Australia.

Baca juga:

Kejagung Serang Balik Otto: Ini Eksekusi, Bukan Penahanan Djoko Tjandra

Selandia Baru mengumumkan penangguhan soal yang sama, yakni perjanjian ekstradisi Hong Kong. Selandia Baru juga menegaskan akan meninjau hubungan dengan Hong Kong, menyamakan perlakuan ekspor barang dan teknologi Hong Kong seperti yang berlaku di China.

Padahal selama ini, Hong Kong memiliki kekhususan ekspor dengan negeri tersebut. Selandia Baru juga memberi peringatan bagi warga yang ingin bepergian atau tengah berada di Hong Kong soal risiko penangkapan untuk kegiatan seperti protes.

(cnbc)