Karyakepri.com
Editor's Picks Tanjungpinang

Edarkan Sabu, Pasangan Suami Istri di Tanjungpinang Dituntut 6 dan 5 Tahun Penjara

KARYAKEPRI.COM, TANJUNGPINANG – Pasangan suami istri Izwan Fadli Nasution dan Handayani Theresia Siregar di tuntut 6 dan 5 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Kamis (6/8/2020).

Dalam amar tuntutan, JPU Destia mengatakan, kedua terdakwa terbukti bersalah melakukan percobaan atau permufakatan jahat tanpa hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan narkotika golongan satu bukan tanaman, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 112 ayat 1 Jo pasal 132 ayat 1 UU RI nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

“Menuntut terdakwa Izwan dengan tuntutan 6 tahun penjara dan denda Rp 800 juta, subsider 6 bulan kurungan,” katanya.

Sementara itu, Handayani dituntut selama lima tahun penjara denda 800 juta apabila tidak membayar maka akan di ganti dengan hukuman penjara selama enam bulan penjara.

Atas tuntutan itu kedua terdakwa yang didampingi oleh Penasehat Hukumnya (PH), A Nur akan mengajukan pembelaan secara tertulis.

Mendengar itu, Ketua Majelis Hakim, Corpioner serta didampingi oleh Majelis Hakim anggota, Justiar Ronal dan Eduard Sihaloho menunda persidangan enam satu pekan.

Sebelumnya, Izwan Fadli Nasution dan isterinya Handayani Theresia Siregar didakwa pasal berlapis memiliki dan mengedarkan narkoba jenis sabu.

Penangkapan ke dua terdakwa, kata JPU berawal ketika terdakwa Izwan berkomunikasi dengan Yuyun (DPO) terkait peta lokasi diletakannya sabu-sabu. Selanjutnya terdakwa Izwan pergi ke Jalan Kesehatan Tanjungpinang.

Setelah mendapat paket sabu itu, selanjutnya terdakwa membawa narkoba sabu itu pulang ke rumahnya, di Perumahan Kuantan Indah Kelurahan Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Terdakwa Izwan membagi-bagi sabu yang diambilnya kedalam 8 paket kecil. Ketika terdakwa Izwan mau keluar rumah saat itu sempat dilarang oleh Sri Handayani karena takut ditangkap Polisi. Selanjutnya, barang haram tersebut dititipkan ke istrinya dan disimpan didalam kantong celana.

Tidak berapa lama kemudian anggota Sat Narkoba Polres Tanjungpinang mendatangi kediaman kedua terdakwa dan saat dilakukan penggeledahan, Polisi menemukan 8 paket kecil narkoba sabu seberat 4,38 gram yang merupakan milik terdakwa Izwan.

(momond)