Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

Ratusan Warga Karimun Jalani Isolasi Mandiri

Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi. (Foto: ricky/karyakepri.com)

KARYAKEPRI.COM, KARIMUN – Ratusan warga Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau harus menjalani Karantina Mandiri di rumah. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran kasus baru Covid-19 di wilayah Kabupaten Karimun.

Ratusan warga itu diketahui memiliki kontak erat bersama 8 pasien positif baru. Sebelum menjalani isolasi mandiri, ratusan warga itu lebih dahulu menjalani pemeriksaan swab.

Dari ratusan warga itu, sebanyak 8 orang di antaranya menjalani isolasi di Puskesmas di Kecamatan Meral Barat. Sementara 192 orang lainnya menjalani isolasi mandiri di rumah hingga hasil tes swab tenggorokan mereka keluar.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi mengatakan, 200 warga tersebut merupakan hasil penelusuran atau tracing pihaknya selama 2 hari. Mereka didominasi oleh warga Kecamatan Kundur.

“Paling banyak dari klaster Tanjung Batu, klaster Tanjung Pinang ada juga tapi tak banyak,” kata Rachmadi, Minggu (16/8/2020).

Ia mengatakan, ratusan warga yang memiliki kontak erat bersama 8 pasien baru Covid-19 itu sebelumnya telah menjalani pemeriksaan swab yang dilakukan pihaknya di Puskesmas Kundur.

“Kita kirimkan secara bertahap, sekarang kita sedang input. Senin nanti kita kirimkan lagi,” katanya.

Ia mengatakan, ada dua dari 200 warga itu menunjukkan gejala dan saat ini diisolasi di Puskesmas Meral Barat. “Ada dua orang yang menunjukkan gejala, kami rawat di Puskesmas Meral Barat,” kata Rachmadi.

Perihal pasien positif Covid-19, Rachmadi menyebut saat ini ada 14 orang dan tengah dirawat di lantai 6 RSUD Muhammad Sani. “Positif dirawat di RSUD ada 14 orang,” kata Rachmadi.

Sebelumnya diberitakan, Sebanyak 8 warga Kabupaten Karimun kembali terkonfirmasi Covid-19. Tercatat, sampai hari ini sebanyak 21 kasus telah ditemukan di wilayah Karimun.

Penambahan kasus itu diketahui Jumat (14/8/2020) malam, setelah Tim Gugus Percepatan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Karimun menerima rilis resmi hasil swab dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kota batam.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun Rachmadi mengatakan, berdasarkan data resmi BTKLPP Batam, jumlah pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 8 orang.

“Temen-temen media, dengan ini kami sampaikan bahwa tadi malam hasil resmi dari BTKL sudah keluar dan ternyata informasi awal ada 5 positif, setelah hasil resmi keluar hasilnya 8 positif,” kata Rachmadi, Sabtu (15/8/2020) sekira pukul 05.57 Wib.

Rachmadi menjelaskan, dari 8 orang pasien positif tersebut, 2 orang merupakan klaster Tanjungpinang dan 6 orang lainnya merupakan Klaster Kundur.

“Sebanyak 6 orang klaster kundur itu, 2 orang merupakan sub klaster Puskesmas Tanjungbatu,” katanya.

(ricky)