Karyakepri.com
Editor's Picks Ekbis

Sederet PR Ekonomi RI di 75 Tahun Merdeka

Foto: Antara Foto

KARYAKEPRI.COM, JAKARTA – Indonesia baru saja memperingati Hari Kemerdekaan ke-75 tahun. Meski telah 75 tahun merdeka, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan pemerintah khususnya di sektor ekonomi.

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Mohammad Faisal mengatakan tantangan yang harus diselesaikan Indonesia di 75 tahun ini adalah mewujudkan kesejahteraan rakyat.

“Saya kira tantangan terbesar adalah bagaimana Indonesia mewujudkan kesejahteraan rakyat yang sebesar-besarnya karena ini penting mengingat Indonesia tingkat kesejahteraannya masih relatif rendah,” kata Faisal kepada detikcom, Senin (17/8/2020).

Baca juga:

Gadis di Probolinggo Meninggal Lalu Hidup Lagi, Mungkin Ini Penyebabnya

PR selanjutnya adalah dari sisi meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Kualitas SDM di Indonesia saat ini, kata Faisal, masih jauh tertinggal dengan negara tetangga dan harus ditingkatkan.

“SDM kita dari sisi competitiveness skill, pendidikan, masih tertinggal dibandingkan negara-negara tetangga ASEAN seperti Malaysia, Filipina, Thailand. Itu mesti ditingkatkan bahkan perlu kita akselerasi supaya gap-nya makin lama makin kecil dan kita paling tidak bisa mengejar dengan negara tetangga walaupun dibanding negara maju masih agak jauh,” ucapnya.

Baca juga:

Daftar Bank yang Layani Penukaran Uang Rp 75.000 Khusus HUT RI

Dihubungi terpisah, Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Tauhid Ahmad menambahkan bahwa PR pemerintah yang harus diselesaikan adalah bagaimana mengurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial yang masih terjadi.

“Kemiskinan kita berada pada kurang lebih hampir 30 juta penduduk dalam garis kemiskinan dan ini saya kira pekerjaan terberat kita,” jelasnya.

Sampai saat ini Indonesia dinilai belum merdeka secara ekonomi. Klik halaman selanjutnya.