Karyakepri.com
Editor's Picks Internasional

Vietnam Ngamuk ke China, Bomber Terbang di Laut China Selatan

Foto: Kepulauan Paracel ( visithainan.com.au)

KARYAKEPRI.COM – Vietnam mengecam keras China. Bahkan menyebut China membahayakan perdamaian.

Hal itu terjadi akibat munculnya pesawat bomber China di kepulauan Paracel. Kepulauan itu adalah wilayah sengketa Vietnam dan China di Laut China Selatan.

“Fakta bahwa pihak terkait mengirim senjata dan pembom … tidak hanya melanggar kedaulatan Vietnam tetapi juga membahayakan situasi di daerah tersebut,” kata Juru Bicara Kementerian Le Thi Thu Hang dikutip dari Reuters, Jumat (21/8/2020). Sayangnya, ia tak menyebut pasti kapan pesawat itu masuk ke Paracels.

Belum ada komentar resmi pemerintah China. Namun, baru-baru ini media China melaporkan Beijing mengerahkan jet tempur dan satu pembom, H-6J, ke Paracels.

Sebelumnya China mengklaim 80% wilayah Laut China Selatan sebagai areanya melalui konsep sembilan garis putus-putus. Ini membuat sejumlah negara tegang.

Selain Vietnam ketegangan juga terjadi dengan Malaysia, Brunei, Filipina dan Taiwan. Beberapa bulan ini, saat dunia sibuk dengan corona, China pun intensif melakukan latihan militer di perairan tersebut.

Sementara itu, pada Kamis, kapal penjaga pantai China Zhongquo Haijing 5204 terlihat berada di Blok 06.1 di Laut China Selatan. Padahal area itu adalah wilayah ekstraksi minyak dan gas dalam zona ekonomi eksklusif 200 mil laut Vietnam.

(cnbc)