Karyakepri.com
Daerah Editor's Picks

Kampung Tigahirit Kampung Warna-warni di Danau Toba

Kampung Tigahirit di Sumut. (Foto: liputan6.com)

KARYAKEPRI.COM, PARAPAT – Sumatera Utara menambah panjang daftar destinasi wisata dengan memiliki Kampung Tigarihit ‘The Garden Hills’. Karya seni mural dan view saat sunset menjadi suguhan.

Kampung Tigarihit, yang berlokasi di Jalan Kol, TPR Sinaga, Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumut itu diresmikan oleh Direktur Utama Badan Pelakana Otorita Danau Tiba (BPODT) Arie Prasetyo bersama Pokdarwis dan Camat Girsang Sipangan Bolon pada Senin, 17 Agustus 2020.

Kampung Tigahirit menjadi kampung warna-warni pertama di Sumut. Kampung itu sekaligus menambah panjang dedertan kampung warna-warni di Indonesia, setelah Kampung Pelangi Semarang dan Jodipan di Malang.

Baca juga:

Ketika Robot Damkar Rp 37 Miliar Tak Beraksi di Kebakaran Kejagung

Selain itu, Kampung Tigahirit memiliki seni mural yang menambah keelokan kampung itu. Warga dan pelancong juga bisa memanfaatkan dinding itu untuk selfie.

Selain itu, wisatawan bisa menikmati secangkir kopi dengan lebih mengesankan. Apalagi, andai datang saat menjelang matahari terbenam di Kampung Tigahirit itu.

Dari Kampung Tigahirit traveler bisa menikmati panorama Danau Toba, yang merupakan salah satu destinasi wisata superprioritas itu, dari ketinggian. Kegiatan itu bisa disambi dengan menikmati berbagai acara dan permainan game online yang sedang populer 2020.

Bekas Penambangan Pasir

Dari beberapa sumber menyebutkan Kampung Tigahirit itu pernah menjadi pasar. Tapi kemudian pasar dipindah ke Tigaras.

Selain itu, diyakini lokasi itu dulu merupakan bekas tambang pasir. Tigahirit berasal dari kata tiga dan hirit yang bermakna pasar dan pasir.

Tiket Masuk

Untuk sementara, turis tak perlu membayar tiket untuk masuk ke Kampung Tigahirit.

Sumber: detik.com