Karyakepri.com
Editor's Picks Metro

Pelayaran Batam-Dumai di Pelabuhan Domestik Sekupang Resmi Dibuka

Mulai hari ini Senin (24/8/2020) pelayaran kapal tujuan ke Dumai resmi dibuka kembali di Pelabuhan Domestik Sekupang. (Foto: net)

KARYAKEPRI.COM, BATAM – Kabar baik bagi warga Batam yang hendak bepergian tujuan ke Dumai. Mulai hari ini Senin (24/8/2020) pelayaran kapal tujuan ke Dumai resmi dibuka kembali di Pelabuhan Domestik Sekupang.

Rencananya, pelayaran kapal tujuan Batam-Dumai tersebut akan beroperasi hari ini dari Pelabuhan Domestik Sekupang. Diketahui, sudah lima bulan terakhir kapal tujuan Pelabuhan Sri Junjungan, Dumai, Provinsi Riau tidak beroperasi.

Baca juga:

Kampung Tigahirit Kampung Warna-warni di Danau Toba

Dibukanya kembali arus pelayaran dari Pelabuhan Domestik Sekupang tujuan Dumai, Riau ini sekaligus menjadi kabar baik bagi petugas pelabuhan. Bukan tanpa alasan, operasi pelayaran kembali normal akan meningkatkan jumlah penumpang di pelabuhan.

Pasalnya, semenjak pandemi Covid-19, laporan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diterima KSOP pengelola pelabuhan mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Tidak hanya itu, bahkan kantin hingga porter pelabuhan yang menggantungkan hidup di pelabuhan untuk mengais rezeki pun sempat mengeluhkan kondisi ini.

Humas Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Batam, Aina saat dihubungi mengatakan, pihaknya telah menerima surat pemberitahuan akan dibukanya kembali pelayaran kapal tujuan Dumai.

“Berdasarkan surat dari PT. Lestari Indoma Bahari, penyedia jasa pelayaran agen kapal Dumai Ekpres Group mulai besok Senin kembali berlayar hingg ke Dumai, Riau,” ujarnya dikutip dari tribunbatam.id, Minggu (23/8/2020).

Untuk rute pelayarannya, kata dia dari pelabuhan Domestik Sekupang – Tanjung Balai Karimun – Selat Panjang – Bengkalis dan Dumai.

Untuk jadwal keberangkatan pelayarannya berangkat pukul 07.00 WIB.

“Iya semoga lah kembali normal, berjalan seperti sedia kala. Bahkan untuk pelayaran tujuan Dumai yang sempat terhenti hampir 5 bulan ini banyak yang tanyak saya, kapan jalan, kapal beroperasi,” ucap Aina.

Ia pun mengajak setiap penumpang yang akan berlayar agar tetap mematuhi protokol kesehatan sebagaimana anjuran pemerintah.

“Jangan lupa gunakan masker serta jaga jarak. Sehingga perjalanannya menyenangkan,” ujarnya.

(iwan)