Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

Orang Dengan Gangguan Jiwa di Karimun Masuk Daftar Pemilih Tetap

KARYAKEPRI.COM, KARIMUN – Orang Dengan Ngangguan Jiwa (ODGJ) masuk dalam Calon Pemilih di Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karimun 2020.

Daftar ODGJ itu telah masuk dalam data pemilih yang dilakukan pencocokan dan penelitian oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) pada Agustus awal kemarin. Namun demikian, masih belum diketahui berapa jumlah pasti ODGJ yang telah terdata.

Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko mengatakan, pihaknya tetap akan mendata orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) sebagai calon pemilih di Pilkada Serentak Karimun 2020.

“Orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ tetap akan didata sebagai calon pemilih,” kata Eko, Jumat (28/8/2020).

Ia mengatakan, jumlah ODGJ tersebut diperoleh pihaknya saat proses pencocokan dan penelitian (coklit) di lapangan.

“Datanya dari hasil coklit di lapangan, langsung ditanya petugas kepada pihak keluarga, tanya juga sama Ketua RT dan RW yang lebih tahu kondisi warganya,” ujar Eko.

Namun untuk dapat ikut memberikan hak suara, Eko mengatakan ODGJ akan melalui sejumlah pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan itu akan dilakukan oleh pihak medis untuk melihat tingkat ganguan kejiwaan yang dialami ODGJ tersebut.

“Nanti ada tingkatannya, tinggi, sedang atau rendah gangguan kejiwaan yang diidap,” kata Eko.

Eko mengatakan, pada Pemilu Legislatif, April 2019 lalu, pihaknya ada mencatat sejumlah ODGJ yang memberikan hak pilihnya.

“Ada tapi jumlah pastinya saya lupa, kalau tak salah tak banyak. Nanti pastinya saya coba tanyakan ke bidang Program dan Data dulu,” ujar Eko.

Perihal daftar pemilih sementara atau DPS, Eko Purwandoko mengatakan masih direkap petugas PPS hingga 29 Agustus 2020.

“DPS nanti tanggal 29 Agustus akan diplenokan dulu sama PPS baru nanti kita umumkan ke publik,” kata Eko.

Berdasarkan data dihimpun Karyakepri.com, pada Pemilu Legislatif tahun 2019, sebanyak 72 ODGJ di Karimun masuk dalam pemilih Pemilu. Angka tersebut berdasarkan data dimiliki Dinas Sosial Kabupaten Karimun.

(ricky)