Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

4 Pasien Positif Covid-19 di Karimun Sembuh

Foto ilustrasi

KARYAKEPRI.COM, KARIMUN – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Karimun mengkonfirmasi empat pasien positif Covid-19 di Karimun dinyatakan sembuh.

Tiga di antaranya merupakan klaster Kundur dan satu lainnya klaster perjalanan atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Instansi Vertikal di Karimun yang mempunyai riwayat perjalanan ke Depok.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Rachmadi mengatakan, saat ini pasien Positif Covid-19 di Karimun tinggal delapan orang dan masih menjalani perawatan intensif di RSUD Muhammad Sani.

“Kita sampaikan ke teman- teman media, dari 19 sampel swab yang kami kirim sudah keluar dan semua negatif. Empat diantaranya merupakan pasien yang beberapa waktu lalu dinyatakan positif. Dengan demikian pasien positif di Karimun tinggal 8 orang,” kata Rachmadi, Sabtu (29/8/2020).

Ia menjelaskan, keempat pasien sembuh itu dinyatakan sembuh setelah hasil swab terakhirnya dari Balai Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) dinyatakan negatif Covid- 19.

“Sesuai dengan SK Menkes terakhir swab cukup sekali negatif sudah dinyatakan sembuh,” katanya.

Ia mengatakan, pasien yang telah dinyatakan sembuh itu akan menjalani masa karantina dirumah untuk menjaga agar tetap aman.

“Mereka dipulangkan dan akan menjalani isolasi mandiri dirumah. Apabila dalam kurun waktu 10 hari tidak ada gekala lagi, maka mereka tidak perlu lagi isolasi,” katanya.

Sebelumnya, data terakhir Dinkes Karimun mencatat sebanyak 12 orang warga Karimun terpapar Covid-19 di Karimun. Pasien- pasien itu menjalani perawatan intensif di RSUD Muhammad Sani, selain itu, Dinkes Karimun juga telah melakukan traking terhadap kontak erat 12 pasien untuk mencegah penyebaran Covid-19 lebih luas.

(ricky)