Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

Begini Tahapan Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun

KPU Karimun menggelar simulasi pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati di Kantor KPU Karimun, Rabu (2/9/2020). (Foto: ricky/karyakepri.com)

KARYAKEPRI.COM, KARIMUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun menggelar simulasi pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati di Kantor KPU Karimun, Rabu (2/9/2020).

Dalam kegiatan itu, panitia menjelaskan tahapan demi tahapan yang akan dilakukan bakal calon dan tim sukses.

Kegiatan itu dihadiri Asisten I Sekda Kabupaten Karimun Muhammad Tang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, Perwakilan Dinas Kesehatan Karimun dan Liaison Officer (LO) bakal calon kepala daerah.

Adapun tahapan proses pendaftaran itu antara lain dimulai dari Kedatangan pasangan calon dan mass pendukung.

Di mana saat pendaftaran nantinya pasangan calon boleh diarak dengan jalan kaki menuju Kantor KPU Karimun atau boleh turun dari kendaraan di tepi jalan depan kantor KPU.

Di halaman kantor, KPU telah menyiapkan sejumlah meja. Calon bupati terlebih dahulu menjalani pengecekan suhu tubuh dan diikuti oleh calon Wakil Bupati.

Tidak hanya para calon, melainkan massa pendukung pasangan calon juga diwajibkan mengikuti tahapan itu di meja yang berbeda.

Selanjutnya, pasangan calon mengisi buku daftar tamu di meja yang lain.

Di dalam kantor, pasangan calon menyerahkan berkas syarat pencalonan dan syarat calon. Untuk syarat pencalonan harus lengkap dan langsung diverifikasi. Sedangkan berkas syarat calon harus ada dan boleh belum lengkap.

“Jadi berkas pencalonan harus ada dan lengkap. Kalau tidak lengkap maka dikembalikan dan harus dibawa kembali secara lengkap di hari pendaftaran yang sudah ditetapkan. Kalau syarat calon harus ada. Contohnya mungkin ijazah calon yang belum dilegalisir, nanti boleh menyusul. Untuk berkas-berkasnya banyak, silahkan lihat di PKPU,” kata Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko, Rabu (2/8/2020).

Diketahui KPU Kabupaten Karimun membuka pendaftaran paslon peserta Pilkada selam tiga hari, yakni pada tanggal 4 hingga 6 September 2020. Untuk hari pertama dan kedua, KPU membuka pendaftaran hingga pukul 16.00 WIB, sementara untuk hari terakhir pendaftaran akan dibuka hingga pukul 24.00 WIB.

(ricky)