Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

Polres Karimun Gagalkan Penyeludupan Rokok Ilegal ke Kabupaten Inhil

KARYAKEPRI.COM, KARIMUN – Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Karimun mengagalkan penyeludupan rokok ilegal asal Batam di Perairan Pulau Perasi Kecamatan Durai, Kamis (3/9/2020) dinihari.

Upaya penyeludupan itu digagalkan setelah Petugas Patroli Satpolairud Polres Karimun mencurigai adanya boat pancung bermesin 40 PK melaju di perairan Moro. Saat diberhentikan, polisi menemukan adanya 6 dus rokok ilegal tanpa dokumen lengkap.

Boat pancung itu diawaki dua warga Kota Batam diantaranya Jali (29) dan Iskandar (29). Selain tidak dapat menunjukkan dokumen muatan, mereka juga tidak dapat memperlihatkan dokumen- dokumen kapal.

Kapolres Karimun AKPB Muhammad Adenan mengatakan, boat pancung bermuatan rokok ilegal itu dibawa dari kawasan Kecamatan Tembesi Kota Batam. Rencananya, barang- barang tersebut akan diseludupkan ke Sungai Guntung Tembilahan Kabupaten Indra Giri Hilir.

“Kamis dinihari tadi kita amankan 1 boat pancung bermuatan 6 dus rokok tanpa cukai asal Batam dengan tujuan Sungai Guntung. Boat Pancung itu dinahkodai oleh Jali dan satu orang ABK lainnya bernama Iskandar, mereka merupakan warga Batam,” kata Adenan, Kamis (3/9/2020).

Ia mengatakan, para pelaku penyeludupan membawa rokok ilegal itu dengan menyisiri bibir Pantai Tanjung Bundap Kota Batam menuju Sungai Guntung Kabupaten Indragiri Hilir.

“Para pelaku tidak dapat menunjukkan dokumen- dokumen kepabeanan dan kapal. Mereka selanjutnya kita bawa untuk dilakukan pemeriksaan,” katanya.

Adenan mengatakan, diperkirakan kerugian negara disebabkan oleh perbuatan pelaku mencapai Rp 40 juta. Dan untuk selanjutnya, penanganan lebih lanjut akan dilakukan oleh penyidik dari KPPBC TMP B.

“Kita lakukan pelimpahan ke KPPBC TMP B. Karena ini berkaitan dengan kepabeanan,” katanya.

(ricky)