Karyakepri.com
Editor's Picks Metro

8 Kecamatan di Batam Status Zona Merah, Ini Kecamatan Masih Bebas Covid-19

Delapan kecamatan di Kota Batam berstatus zona merah. Ada dua kecamatan yang masih bebas dari Covid-19 atau berstatus zona hijau.

KARYAKEPRI.COM, BATAM – Delapan kecamatan di Kota Batam berstatus zona merah. Ada dua kecamatan yang masih bebas dari Covid-19 atau berstatus zona hijau.

Berdasarkan data yang dirilis Tim Gugus Covid-19 Batam, kecamatan yang kini masuk zona merah itu antara lain Lubukbaja, Sekupang, Batuaji, Sagulung, Seibeduk, Batam Kota, Nongsa dan Bengkong.

Sementara itu, Kecamatan Batuampar dan Bulang kini berstatus zona kuning. Selanjutnya, dua kecamatan yang kini berstatus zona hijau adalah Kecamatan Belakangpadang dan Galang.

Menariknya, ada satu kecamatan yang masih bersih dan belum ada warganya terpapar corona. Yakni, kecamatan Galang.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Bidang Kesehatan Batam, dr Didi Kusmarjadi mengatakan, dari hasil temuan kasus baru dan hasil tracing, pada Rabu 2 September 2020, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam kembali bertambah.

Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis Laboratorium BTKL PP dan Analis Laboratorium RSKI Covid-19 Galang berdasarkan hasil temuan kasus baru dan hasil tracing.

“Dengan ini kami sampaikan uraian jumlah orang yang terpapar dari temuan kasus baru ini sebanyak 23 orang warga Batam yang terdiri atas tiga belas orang laki-laki dan 10 perempuan,” beber Didi.

Dari hasil penyelidikan epidemiologi yang terus dilakukan oleh Tim Surveilans Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam terhadap seluruh cluster.

Dapat disimpulkan sementara, saat ternyata terlihat kembali adanya kenaikan jumlah kasus baru.

Sehubungan adanya penurunan tingkat kedisplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan di berbagai aktivitas sehari-hari.

“Sehingga hal ini nantinya memungkinkan terjadi pertumbuhan kembali kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster tersebut. Ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun import. Selanjutnya juga kami ingatkan dan himbau kembali guna kemaslahatan bersama masyarakat Kota Batam agar tetap mengikuti anjuran Pemerintah,” imbau Didi.

Seperti menjaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap di rumah saja dan jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup,” katanya.

(iwan)