Karyakepri.com
Editor's Picks Sport

Soal Latihan Keras Timnas U-19 Sampai Pingsan Ala Shin Tae-yong

Shin Tae-yong pelatih Timnas U-19 (Randy Prasatya/detikSport)

KARYAKEPRI.COM, JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong bicara latihan keras timnya. Materi ini sampai-sampai membuat beberapa pemain dikabarkan cedera hingga pingsan.

Latihan keras dipilih Shin Tae-yong karena ingin meningkatkan kemampuan para pemain Timnas Indonesia U-19 agar siap bermain fight sepanjang pertandingan. Ia memang sudah berkali-kali mengatakan bahwa fisik pemain Indonesia kurang bagus.

Di satu sisi, latihan itu diyakini akan membuat para pemain tak bisa bermain 100 persen dalam ajang International U-19 Friendly Tournament. Lalu lanjut menghadapi tiga uji coba melawan Bosnia dan Herzegovina, Qatar, dan Dinamo Zagreb.

“Saat ini kami sedang menjalani latihan dengan intensitas yang tinggi dengan menu fisik yang sangat keras,” kata Shin Tae-yong dalam rilis PSSI.

“Jadi pertandingan nanti bakal tidak mudah bagi kami. Namun kami harus membentuk mental dan intinya tim ini masih berproses,” ujarnya menambahkan.

Shin Tae-yong sendiri menyatakan tak masalah jika nantinya Timnas U-19 tak bisa meraih hasil maksimal. Ia lebih mementingkan fisik para pemainnya bisa meningkat selama pemusatan latihan di Eropa.

Rencananya, Jack Brown cs akan menjalani latihan di Kroasia selama satu bulan, lalu berangkat ke Uzbekistan untuk tampil di Piala Asia U-19 2020. Jika Piala Asia ditunda, maka Timnas U-19 akan pindah. Turki, Spanyol, dan Portugal tengah dibidik menjadi lokasi alternatif.

Terdekat, Timnas U-19 akan tampil di Internasional U-19 Friendly Tournament terlebih dahulu. Adapun lawan-lawannya adalah Bulgaria, Sabtu (5/9), Kroasia, Selasa (8/9) dan Arab Saudi, Jumat (11/9).

“Bulgaria secara postur tubuhnya besar dan tinggi. Secara fisik juga staminanya bagus. Intinya pertandingan besok tidak mudah bagi kami,” tutur eks Pelatih Timnas Korea di Piala Dunia 2018 itu.

“Tetapi memang kami TC ke Eropa untuk mencari pengalaman dan melihat perkembangan tim,” ucapnya.

Sumber: detik.com