Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

KPU Karimun Tetapkan Daftar Pemilih Sementara 165.133 Jiwa

KARYAKEPRI.COM, KARIMUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Serentak Kabupaten Karimun tahun 2020, Sabtu (12/9/2020).

Penetapan DPS Pilkada Karimun 2020 itu setalah sebelumnya KPU Karimun menyelesaikan tahapan Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih yang dilakukan di 12 Kecamatan wilayah Kabupaten Karimun.

Ketua KPU Eko Purwandoko mengatakan, dari hasil rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPS Pilkada 2020 digelar pihaknya, angka pemilih sementara di wilayah Karimun berjumlah 165.133 Jiwa.

“Tadi kita sudah menggelar rapat pleno rekapitulasi dan penetapan DPS. Hasilnya ditetapkan DPS Karimun berjumlah 165.133 orang, dengan rincian laki-laki 83.608 orang dan perempuan 81.525 orang,” kata Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko, Sabtu (12/9/2020)

Ia menyebutkan, pemilih terbanyak berada di Kecamatan Karimun dengan jumlah pemilih 31.242 orang, sedangkan terkecil di Kecamatan Ungar 4.433 orang.

“DPS ini hasil Coklit yang telah dilakukan PPDP pada Juli kemarin. Angka ini nantinya bisa saja bertambah ataupun berkurang, hingga penetapan DPT (Daftar Pemili Tetap) nantinya,” katanya.

Rapat pleno terbuka penetapan DPS tersebut dilangsungkan di hotel Alishan, Sabtu (12/9/2020). Dalam rapat pleno itu, turut hadir PPK se Kabupaten Karimun, Bawaslu Karimun dan Perwakilan Partai Politik.

Dibandingkan data DP4 yang diterima KPU Kabupaten Karimun dari pemerintah pusat (Mendagri) pada 18 Juni 2020, terjadi penyusutan sekitar 20 ribu orang.

Dimana, angka DP4 sebelumnya ialah berjumlah 183.452 jiwa pemilih Karimun atau naik 12 ribu dibandingkan DPT Pemilu Legislatif Karimun berjumlah 170.504 orang.

Terhadap penurunan itu, Eko menjelaskan hal itu dikarena sejumlah faktor penghambat dalam proses Coklit dilakukan pihaknya.

“Diantaranya calon pemilih meninggal dunia, pindah domisili dan tidak berada di tempat saat petugas melakukan pencocokan,” katanya.

Ia meminta calon pemilih yang namanya tidak terdaftar untuk tidak khawatir. Masyarakat dapat melaporkan langsung hal itu kepada PPS setempat untuk selanjutnya didaftarkan dalam DPS.

“Nanti dibantu sama petugas PPS. Ini baru DPS, prosesnya masih panjang,” ujarnya.

Selanjutnya DPS tersebut dalam waktu dekat segera diumumkan KPU Karimun ke publik dengan cara menempelkan di kantor-kantor kelurahan se-Kabupaten Karimun.

“Calon pemilih diharapkan untuk berperan aktif melakukan pengecekan DPS tersebut. Pengecekkan dapat dilakukan dengannmengakses situs http://www.lindungihakpilihmj.kpu.go.id/. Sekarang kan sudah pada punya ponsel android,” ujar Eko Purwandoko.

(ricky)