Karyakepri.com
Editor's Picks Metro

Tanding Futsal Angkatan Muda Muhammadiyah, Media Silaturahmi Melalui Hobi

PDPM Kota Batam dan IMM Kota Batam menggelar pertandingan futsal di Lapangan Futsal Vitka Tiban, Sabtu (19/9/2020) sore. (Foto: istimewa)

KARYAKEPRI.COM, BATAM – Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Batam dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Batam menggelar pertandingan futsal di Lapangan Futsal Vitka Tiban, Sabtu (19/9/2020) sore.

Kegiatan yang dihadiri ayahanda sekaligus Wakil Ketua Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kepri Imam Bachroni tersebut menjadi ajang silaturahmi antara sesama anggota Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kota Batam.

Wakil Ketua Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kepri Imam Bachroni mengapresiasi pertandingan tersebut. Menurutnya, media hobi ini dapat dijadikan ajang pengkaderan di organisasi-organisasi Muhammadiyah.

“Media silaturahim melalui hobi. Muhammadiyah sudah lama menggunakan media hobi bermain bola jadi sarana pengkaderan,” ujar Imam.

Salah satu bentuk nyata pengkaderan melalui hobi ini, kata dia, adalah melalui Persatuan Sepakbola (PS) Hisbul Wathan (HW).

Pada tahun 1950 hampir setiap Pimpinan Cabang (sekarang pimpinan daerah) memiliki klub HW. Dan, Ir Soeratin Sosrosoegondo, pendiri yang sekaligus Ketua Umum PSSI pertama itu, ternyata juga penggiat sekaligus anggota Muhammadiyah, Yogjakarta.

“Selain silaturahim, perbanyaklah aktivitas hobi sebagai sarana pengkaderan (olahraga, musik, seni),” ujarnya.

Ketua Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Batam Mahyuddin mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempererat rasa persaudaraan antar warga Muhammadiyah, khususnya Angkatan Muda Muhammadiyah Batam dan Kepri.

Pertandingan tersebut, kata dia, juga diikuti oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), IMM dan Pemuda Muhammadiyah serta Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kepri.

“Alhamdulillah yang main futsal cukup banyak dan ini sebagai ajang silaturahmi dan berolahraga warga Muhammadiyah yang ada di Batam,” katanya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada ayahanda Imam Bachroni yang terus mendukung kegiatan tersebut dan tercipta hubungan kekeluargaan antara AMM Batam dan Kepri.

“Semoga semakin banyak lagi yang datang agar dapat memberikan rasa ikatan persaudaraan yang kuat antara warga Muhammadiyah di Batam dan Kepri,” ujarnya.

Sementara itu Ketua IMM Kota Batam Ahmad Dukha menambahkan, pihaknya sudah beberapa kali menggelar pertandingan futsal antar AMM Kota Batam.

“Kegiatan ini kami lakukan dengan semangat persatuan sebagai kader muda Muhammadiyah dengan kegiatan olahraga futsal bersama. Tentunya melalui olahraga ini AMM Batam lebih saling mengenal dan memperkuat silaturahim,” kata Dukha.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan bagian dari dakwah AMM di tengah pandemi covid-19 agar selalu hidup sehat.

“Dan alhamdulillah kegiatan ini didukung penuh oleh ayahanda atau orang tua AMM sehingga berjalan lancar dan penuh kebersamaan,” katanya.

(iwan sahputra)