Karyakepri.com
Editor's Picks Metro

Ria Saptarika Sosialisasi 4 Konsensus Berbangsa dan Bernegara Kepada Ibu-Ibu Majelis Taklim

KARYAKEPRI.COM, BATAM – Anggota DPD RI Dapil Kepulauan Riau Ria Saptarika, memberikan pemahaman dan mengajak untuk mengimplementasikan empat Konsensus Dasar Berbangsa & Bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan Sosialisasi MPR di hadapan Ibu-ibu Majelis Taklim se Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (19/09/2020).

Dalam uraianya Ria menyampaikan pentingnya menjaga empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara ini, mengingat bagaimana perjuangan para tokoh dan pendiri negara menyatukan bangsa ini hingga menjadi bangsa yang besar seperti sekarang.

Ria Saptarika menyampaikan sosialisasi kepada ibu-ibu majelis taklim di Batam, Sabtu (19/9/2020). (Foto: riky indrakari)

“Merekalah yang meletakkan landasan empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara. Tanpa konsensus itu barangkali kita sudah bubar dan tercerai berai, dan barangkali kita tidak akan pernah menjadi satu negara kesatuan yang besar,” katanya.

“Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI, Ibarat bangunan rumah yang saling melengkapi satu sama lain. Pertama Pancasila merupakan pondasi, UUD 1945 sebagai tiang, Bhineka Tunggal Ika sebagai dinding, dan NKRI sebagai atapnya” tambahnya.

“Sosialisasi terkait empat hal ini penting dan harus senantiasa kita re-aktualisasi kembali karena kehidupan kita senantiasa berkembang, dinamis, sehingga pemahaman kita harus senantiasa kontekstual.” ujarnya

Meski dengan cara yang santai dan ringan namun nuansa pemberian pemahaman empat Konsensus Dasar Berbangsa & Bernegara tetap penuh semangat. Tampak wajah peserta yang di dominasi oleh kaum ibu-ibu ini dengan seksama mengikuti kegiatan tersebut.

“Oleh karena itu, saya selaku Anggota DPD RI yang juga merangkap sebagai Anggota MPR RI, ingin mengajak kita semua yang hadir agar terus menanamkan semangat kebangsaan, demi kemajuan, persatuan, dan kesatuan serta keutuhan bangsa Indonesia”, katanya.

Menutup pemaparannya Senator Ria Saptarika memberikan kuis berhadiah kepada peserta seputar dengan materi yang di sampaikan. Dan terlihat para ibu-ibu majelis taklim tersebut sangat senang dan antusias menjawab setiap pertanyaan yang di berikan oleh Ria Saptarika.

Tampak wajah-wajah penuh ceria dan antusias dari seluruh ibu-ibu Majelis Taklim merasa bangga dan senang, bisa bertatap muka langsung dan berkesempatan foto bersama dengan Senator Ria Saptarika, yang merupakan wakil daerah dari dapil Kepulauan Riau.

(iwan sahputra)