Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

KPU Karimun Tetapkan Pasangan Arah dan Bersinar di Pilkada 2020

KARYAKEPRI.COM, KARIMUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun tetapkan pasangan Aunur Rafiq- Anwar Hasyim dan Iskandarsyah- Anwar Abubakar sebagai dua Pasangan Calon di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang.

Pengesahan itu dilakukan KPU Karimun dalam rapat pleno tertutup digelar pada Rabu (23/9/2020) kemarin.

Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko mengatakan, pihaknya telah memastikan pada Pilkada serentak Kabupaten Karimun tahun 2020 akan diikuti dua pasangan calon.

“Benar, kami telah selesai rapat pleno tertutup tentang penetapan pasangan calon. Keputusannya kami menetapkan dua pasangan bakal calon yang ada sebagai pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Karimun,” ujar Eko.

Ia mengatakan, kedua pasangan tersebut ditetapkan sebagai pasangan calon setelah dilakukan verifikasi administrasi syarat calon dan syarat pencalonan keduanya.

Hasilnya, kedua pasangan tersebut yakni ARAH (Aunur Rafiq-Anwar Hasyim) dan BERSINAR (Bersama Iskandarsyah dan Anwar Abubakar) secara administratif lolos untuk ditetapkan sebagai pasangan calon.

“Sesuai administrasi baik syarat calon dan syarat pencalonan, keduanya dinyatakan lolos untuk ditetapkan sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun,” katanya.

Usai ditetapkan sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun, kedua pasangan calon dijadwalkan akan mencabut nomor urut pasangan calon pada Kamis (24/9/2020) hari ini.

“Hari ini cabut nomor urut pasangan,” katanya.

Eko menyebutkan, pihaknya hanya menyediakan dua nomor yakni Nomor 01 dan Nomor 02 mengingat Pilkada Karimun 2020 ini hanya diikuti dua pasangan calon yakni ARAH dan BERSINAR.

“Kami hanya nyiapkan dua nomor, 01 dan 02. Besok kita ketahui siapa yang dapat nomor 01 dan siapa yang dapat nomor 02,” katanya.

Pasangan ARAH dan BERSINAR diketahui mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun pada 4 September 2020 lalu, tepatnya pada hari pertama dibukanya pendaftaran calon peserta Pilkada 2020.

Dalam pendaftaran itu, kedua pasangan calon diantar masing- masing pendukungnya ke KPU Karimun dan dinyatakan lengkap. Selanjutnya, berselang beberapa hari, kedua pasangan calon mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan di RSBP Batam.

Terhadap pemeriksaan kesehatan tersebut, kedua pasangan calon telah dinyatakan sehat dan layak mengikuti Pilkada 2020.

(ricky robiansyah)