Karyakepri.com
Editor's Picks Ekbis Kepri

Perlu Cara Ekstra Normal dan Lompatan Besar Memulihkan Ekonomi

KARYAKEPRI.COM, BINTAN – Ketua Kadin Provinsi Kepri Akhmad Ma’ruf Maulana mengatakan, diperlukan cara-cara ekstra normal dan lompatan-lompatan besar untuk memulihkan kembali perekonomian. Hal tersebut sesuai dengan amanat yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato sidang tahunan MPR/DPR pada 14 Agustus 2020 lalu.

“Dalam amanatnya, Presiden Jokowi mengatakan krisis ini telah memaksa kita untuk menggeser cara kerja kita dari cara-cara normal menjadi cara-cara yang ekstra normal dengan melakukan lompatan-lompatan besar,” kata Ma’ruf dalam sambutannya saat peresmian paket BBKMurah di Lagoi Bintan, Sabtu (26/9/2020).

Dengan harapan, katanya, mencapai kemajuan yang besar dengan menjadikan Indonesia negara maju.

“Sejak hari ini kehidupan manusia memang tidak pernah sama lagi dengan sebelumnya. Sulit, pasti. Berat, sangat. Tapi kita manusia punya modal untuk menghadapi situasi ini. Apa itu, yaitu kemampuan beradaptasi. Karena tidak ada spesies lain di muka bumi ini yang kemampuan adaptasi melebihi manusia,” katanya.

Menurut dia dengan perlengkapan akal manusia, akan bisa menyesuaikan diri lebih cepat dibandingakan spesies lainnya. Seekstrim dan sesulit apapun situasinya, tentunya dan dengan iman.

Ia mengatakan, tuhan menciptakan manusia dengan amat sempurna untuk membangun dunia apapun kondisinya. Benar-benar memang berat tapi dapat dilakukan bersama-sama.

“Semua punya kesulitan dan kondisi berbeda. Yang bisa kita lakukan adalah mengisi peran masing-masing di tengah ketidakpastian ekonomi. Kita masih bisa berbuat kepastian-kepastian kecil dengan harapan nantinya menjadi sesuat untuk yang besar, yang bisa membuat hidup kita tetap bermakna di hari ke depan,” katanya.

Ma’ruf mengatakan paket BBKMurah adalah langkah yang disiapkan Kadin Kepri sebagai bentuk optimisme dalam menghadapi ketidakpastian ini.

“Kami tidak menunggu dan berpangku tangan tapi kami akan menyambut dan meraih kesempatan ini dengan adanya investasi dari Amerika dan Jepang yang hengkang dari China,” ujarnya.

Paket BBKMurah, katanya, dapat mengembalikan kejayaan kepri dan membantu ekonomi Kepri jauh lebih pesat dan tentunya ke depan juga berpengaruh kepada roda perekonomian pusat.

“Perlu kami sampaikan, BBKMurah sudah bergabung beberapa perusahaan yang merupakan anggota Kadin. Dengan paket ini sangat mendukung agar indonesia segera membenahi perekonomian dan menjadikan Indonesia maju,” katanya.

(iwan sahputra)