Karyakepri.com
Editor's Picks Metro

BP Batam Akomodir Keluhan Pengusaha Soal Mahalnya Tarif Kontainer

Pelabuhan-Batu-Ampar-Batam.

KARYAKEPRI.COM, BATAM – Badan Pengusaaan (BP) Batam siap mengakomodir keluhan pengusaha di Batam persoalan mahalnya tarif kontainer di Pelabuhan Batuampar.

Deputi IV BP Batam BP Batam Syahril Japarin mengatakan, BP Batam sudah berupaya membantu penurunan biaya logistik Batam-Singapura dengan mempertemukan langsung beberapa perusahaan kargo (cargo owner) besar dengan feeder pengangkutan kontainer Batam-Singapura.

“Sehingga bisa menurunkan biaya logistik (Batam-Singapura) lebih dari 30 persen,” ujarnya, Selasa (29/9/2020).

Menurut dia, jika masih ada pengusaha/cargo owner yang saat ini merasa kemahalan biaya angkutan kontainernya dari yang sudah difasilitasi oleh BP Batam, bisa langsung menyampaikan permasalahan kepada Direktur Pelabuhan BP Batam.

“Apa yang disampaikan nanti akan kami fasilitasi,” kata Syahril.

Selain itu, sambungnya, BP Batam juga tengah menyiapkan depo kontainer berstandar internasional untuk mengurangi biaya pengambilan kontainer kosong dari Singapura.

“Kami juga telah meminta Pertamina untuk turunkan harga BBM kapal dan pesawat agar lebih bersaing dengan negara tetangga,” katanya.

Salah satu pengusaha di Kepri, Agus Hidayat mengatakan, harga shipment container dari Batam ke Singapura sangat tinggi. Ia merinci dari biaya jasa pengiriman kontainer berukuran 20 TEus dikenakan biaya sebesar USD 479. Sedangkan jasa pengiriman kontainer 40 TEus berkisar USD 665 setiap pengiriman.

“Informasi untuk masalah harga shipment container ini sudah kami bahas dengan Deputi III dan Kepala Kanpel. Menurut saya hal ini harus dikaji secara komprehensif agar dapat dilihat di mana ketak mahalnya dan segera dicari solusi,” ujarnya.

(iwan sahputra)