Karyakepri.com
Editor's Picks Metro

Pelindo II Batal Bangun Pelabuhan Batuampar

KARYAKEPRI.COM, BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam mengakhiri pernjanjian kerja sama pembangunan revitalisasi Pelabuhan Batuampar dengan Pelindo II.

Keputusan tersebut diambil setelah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu tak kunjung memulai pengerjaan sesuai waktu yang telah disepakati.

Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Nelson Idris yang dihubungi membenarkan pengakhiran kerja sama itu.

“Arahan dari pak kepala (Kepala BP Batam) diakhiri saja. Karena Pelindo belum juga action dari bulan Mei. Mungkin ada banyak kendalanya,” kata Nelson enggan merincikan apa saja kendala yang dimaksud.

Seperti diketahui, PELINDO II selaku badan usaha milik negara (BUMN) yang ditunjuk oleh pemerintah, melakukan pembangunan revitalisasi Pelabuhan Batumpar pada awal tahun ini.

Pengembangan pelabuhan dilakukan dengan merevitalisasi infrastruktur, seperti pengerukan alur laut, penataan container yard (CY), lahan, dan gudang, serta penambahan atau perkuatan dermaga untuk menambah kapasitas pelabuhan. Selain itu, modernisasi peralatan dan perbaikan sistem bongkar muat perlu dilakukan.

Menyadari adanya potensi bisnis penyediaan jasa kepelabuhanan bertaraf internasional dan letak strategis Batam dalam jalur pelayaran internasional, modernisasi Pelabuhan Batu Ampar diharapkan mampu menarik pasar pengguna jasa pelabuhan di Singapura.