Karyakepri.com
Editor's Picks Metro

Pengusaha Batam Dorong Modernisasi Pelabuhan Batuampar Terealisasi

KARYAKEPRI.COM, BATAM – Pengusaha Batam mendorong agar BP Batam melakukan modernisasi Pelabuhan Batuampar. Hal tersebut bertujuan agar Kota Batam lebih kompetitif sebagai daerah tujuan investasi.

Ketua Apindo Kota Batam Rafli Rasyid mengatakan, pihaknya telah bertemu dengan Direktur Pelabuhan BP Batam Nelson Idris terkait tingginya tarif kontainer dari Batam-Singapura dan sebaliknya.

“Dalam pertemuan kami dengan Direktur Pelabuhan BP Batam sudah dijelaskan panjang lebar soal tarif tersebut dan letak persoalannya dimana. Kita apresiasi direktur pelabuhan yang dengan cepat tanggap menangani keluhan pengusaha di Batam,” kata Rafli kepada Karyakepri.com, Selasa (29/9/2020).

Artinya, kata dia, sudah ada banyak usaha yang telah dilakukan BP Batam dalam rangka menurunkan tarif kontainer di Batam. Termasuk meminta kepada operator untuk menurunkan tarifnya.

Tapi menurutnya, langkah tersebu belum signifikan. Karena persoalan utamanya terletak pada skala ekonomis pelabuhan yang relatif masih kecil.

“Juga peralatan bongkar muat yang dipakai relatif lebih tertinggal jika dibandingkan dengan peralatan yang dipakai di negara tetangga,” ujarnya.

Masalah lainnya adalah kontainer kosong yang masih harus didatangkan dari Singapura menyebabkan dua kali pengenaan tarif terhadap kontainer yang sama. Hal ini terjadi akibat dari perluasan Pelabuhan Batuampar yang masih terkendala.

“Terakhir kita dengar bahwa Pelindo II juga batal kerja sama dengan BP Batam dalam kegiatan perluasan pelabuhan Batuampar,” katanya.

Rafli mengatakan, persoalan tarif kontainer ini sudah jadi isu penting di kalangan calon investor asing yang mau masuk ke Batam.

Pihaknya berharap modernisasi dan perluasan pelabuhan Batuampar itu segera direalisasikan oleh BP Batam. Supaya Batam lebih kompetitif sebagai daerah tujuan investasi.

“Kepada kita sudah dipaparkan rencana pengembangan pelabuhan di Batam ke depan. Menurut kami rencana ini sudah sangat bagus dan direncanakan dengan matang. Tapi tentunya perlu segera direalisasikan,” katanya.

(iwan sahputra)