Karyakepri.com
Healthy

Jumlah Pasien Positif Covid 19 di Batam Terus Bertambah

Delapan kecamatan di Kota Batam berstatus zona merah. Ada dua kecamatan yang masih bebas dari Covid-19 atau berstatus zona hijau.

KARYAKEPRI, Batam – Angka jumlah kasus Penyebaran Virus Corona (Covid 19) di Kota Batam, terbilang masih tinggi. Berdasarkan Data Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19, terdapat penambahan pasien positif baru setiap hari.

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam merilis 14 kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19, Kamis (1/10/2020). Ke-14 kasus baru ini terdiri dari 6 orang laki-laki dan 8 orang perempuan warga Kota Batam.

“Data ini merupakan hasil pemeriksaan swab oleh Tim Analis Laboratorium BTKL PP dan Analis Laboratorium RSKI Covid-19 Galang berdasarkan hasil temuan kasus baru dan hasil tracing,” kata Ketua Bidang Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Batam, Didi Kusmarjadi, dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Jumat (2/10/20).

Dari hasil penyelidikan epidemiologi terhadap seluruh klaster terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam, jelas Didi, diperoleh kesimpulan sementara bahwa terlihat kembali adanya kenaikan jumlah kasus baru sehubungan adanya penurunan tingkat kedisplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan diberbagai aktifitas sehari-hari.

“Sehingga hal ini memungkinkan terjadi pertumbuhan kembali kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai cluster tersebut ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor,” katanya. (wan)