Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

Selama Masa Kampanye, Gakkumdu Temukan 3 ASN Tidak Netral

Foto: Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)

KARYAKEPRI.COM, KARIMUN – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) menemukan sebanyak 3 Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun dinilai tidak netral dalam Pilkada 2020.

Hal itu ditemukan Sentra Gakkumdu selama masa kampanye Pilkada 2020 yang telah berjalan sejak 26 September 2020. Ketiga ASN itu dianggap telah melakukan pelanggaran pada tahapan Pilkada 2020.

Ketua Satgas 5 Gakkum Mantap Praja Polres Karimun tahun 2020, AKP Herie Pramono mengatakan, Ketiga ASN itu dianggap telah melakukan pelanggaran pada tahapan Pilkada 2020.

“Hasil mapping yang telah kita lakukan mapping dan monitoring terhadap pelanggaran pemilu dan menemukan ada 3 ASN Karimun yang telah melakukan pelanggaran pemilu,” kata Herie, Rabu (7/10/2020).

Terhadap ASN yang telah melakukan pelanggaran tersebut, Herie mengatakan pihaknya telah mengambil tindakan hukum terhadap mereka.

“Untuk tindak lanjut melakukan penegakan hukum terhadap pelanggaran Pemilu,” kata Herie.

Pria yang juga menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Karimun itu mengatakan, selain itu pihaknya melalui Tim Cyber Troops Polres Karimun telah melakukan pengawasan dengan patroli dunia maya di 4 Media Sosial guna melakukan pengawasan terjadinya pelanggaran pemilu.

“Kita fokus ke dua grup facebook untuk Pilkada Karimun, Zona Karimun dan Politik Karimun. Tapi jika menemukan adanya pelanggaran dengan cakuoan nasional, maka dilaporkan ke Satgas Nusantara Polda Kepri,” ujar Herie.

Herie juga menyampaikan, pihaknya mempersilahkan kepada pihak- pihaknyang telah dirugikan oleh postingan-postingan dari oknum tak bertanggung jawab untuk segera melaporkan ke Polres Karimun.

“Jika ada yang merasa dirugikan akibat posotingan medsos maka segera melaporkan ke Satreskrim Polres Karimun,” katanya.

(ricky robiansyah)