Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

12 Pasien Corona Karimun Dikirim ke RSKI Galang

Kadinkes Karimun Rachmadi. (Foto: ricky/karyakepri.com)

KARYAKEPRI.COM, KARIMUN – Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Karimun mengirimkan 12 pasien poistif COVID-19 Kabupaten Karimun untuk menjalani perawatan di Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (19/10/2020).

Pengiriman 12 pasien itu dikarenakan daya tampung rumah sakit rujukan COVID-19 yaitu RSUD Muhammad Sani penuh akibat terjadi lonjakan kasus positif dalam sepekan terakhir.

Perihal itu dibenarkan Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Karimun Rachmadi. Ia mengatakan, ke-12 pasien itu mulai dievakuasi ke RSKI Galang untuk menjalani perawatan disana.

“Dengan pertimbangan ruang isolasi RSUD penuh, hari ini kami mengirimkan 12 pasien konfirmasi Covid-19 ke RSKI Galang,” kata Rachmadi, Senin (19/10/2020) siang.

Rachmadi mengatakan, saat ini angka kasus positif aktif di Karimun berjumlah 33 pasien. Dengan adanya 12 pasien yang dikirimkan ke RSKI Galang, saat ini di RSUD Muhammad Sani menyisakan 21 pasien positif yang dilakukan perawatan.

“Total 33 pasien, dan 12 diantaranya dikirimkan ke RSKI Batam. Jadi kita di Karimun hanya merawat 21 orang saja,” katanya.

Beberapa waktu lalu, Rachmadi mengatakan di RSUD Muhammad Sani hanya terdapat 15 ruang isolasi untuk pasien positif COVID-19 dan maksimal bisa menampung 30 orang pasien positif.

“Apabila dimaksimalkan itu bisa menampung 30 pasien positif, akan tetapi itu harus dioptimalkan. Contoh, pada hari yang sama ada pasien dengan jenis kelamin yang sama harus diisolasi, maka bisa satu kamar itu dua orang,” katanya.

(ricky robiansyah)