Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

PT Timah Latih 35 Nelayan Budidaya Kepiting

KARYAKEPRI.COM, KARIMUN – PT Timah Tbk Wilayah Kepri dan Riau melalui program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat ( PPM) memberikan pelatihan budidaya Kepiting kepada nelayan di Kecamatan Kundur Barat.

Sebanyak 35 orang nelayan dan pemuda mengikuti pelatihan digelar oleh Divisi Corporate Sosial Responbility (CSR) PT Timah itu di gedung serbaguna Wisma PT Timah Tbk Prayun Selasa (27/10/2020).

Pelatihan budidaya Kepiting dibuka General Manager ( GM ) wilayah Kepri dan Riau Robertus Bambang Susilo dihadiri Kepala Dinas Perikanan Karimum Ahmadi, Camat Kundur Barat Murnizam,UPTD Dinas Perikanan Eva Susanti, Lurah, kepala desa se-Kecamatan Kundur Barat dan Utara serta ketua nelayan Setunak, Kenipan dari Kecamatan Karimun. Komandan pos polisi angkatan laut (AL) Selat Beliah, Kapolpos Airud Selat Beliah dan Bhabinsa desa Gemuruh.

Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan budidaya kepiting ini PT Timah Tbk Wilayah Kepri dan Riau bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karimun dengan menghadirkan pembicara dari Dinas Perikanan dan salah satu pembudidaya kepiting wilayah Kecamatan Moro.

Dalam kesempatan tersebut General Manager PT Timah Tbk Kepri dan Riau menyampaikan bahwa perusahaan PT akan senantiasa memperhatikan nelayan disekitar wilayah operasionalnya salah satunya dengan memberikan bekal pengetahuan dan pelatihan seperti sekarang ini.

“Dengan harapan para nelayan akan memdapatkan nilai lebih atau pendapatan tambahan selain hasil dari melaut. Budidaya kepiting mungkin tidak semudah yang diucapkan akan tetapi saya yakin akan kemampuan dari bapak bapak disini,” kata Robertus, Selasa kemarin.

Ia mengatakan, selain pelatihan yang telah diberikan, perusahaan akan tetap melakukan pendampingan dalam pelaksanaanya.

“Selain itu ini akan tetap dipantau oleh Dinas Perikanan, jadi apabila ada kendala dapat disampaikan kepada tim penyuluh,” katanya.

Selain pembelalan secaramateri, para peserta juga diajak melakukan praktik langsung ke lokasi percontohan budidaya kepiting di Pantai Tuah Desa Sawang Laut Kecamatan Kundur Barat.

(ricky robiansyah)