Karyakepri.com
Metro

Terdakwa Kasus Penggelapan Dana Perusahaan Divonis Bebas

KARYAKEPRI.COM, BATAM – Pengadilan Negri (PN) Batam, Kepri, akhirnya memvonis bebas terdakwa Alex Leo dalam kasus penggelapan dana Perusahaan yakni PT Sumber Prima Lestari senilai Rp 1,8 miliar, Kamis (6/10/20).

Suhadi Penasehat Hukum (PH) terdakwa mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi PN Batam atas vonis tersebut. Karena berdasarkan fakta persidangan majlis hakim telah mempertimbangkan semua aspek fakta dan bukti yang dihadirkan.

“Dalam perkara No 529/Pid-B/2020/PN Btm tersebut, majlis hakim sangat profesional dengan mengedepankan UU Perseroan terbatas No 40 Tahun 2007 (UUPT) untuk mengadili terdakwa sebagai Direktur di perusahaan itu,” katanya, Jumat (30/10/20).

Ia menilai, bahwa kasus ini sebetulnya bukan ranah pidana melainkan kasus sengketa perusahaan yang sedang dijalankan oleh pelapor dan terlapor. Menurutnya, kliennya merupakan Direktur diperusahaan tersebut yang berhak mengelola keuangan untuk kepentingan perusahaan.

“Itu artinya dengan dana yang disengketakan digunakan oleh terdakwa sesuai peruntukannya, yang dapat dipertanggungjawabkan dengan pembukuan menurut tim audit internal,” ujarnya.

Suahadi menyebut, kasusnya berawal dari temuan tim audit atas penggunaan dana perusahaan yang dikelola oleh sodara kandung Alex Leo dan Exsan tidak disertai laporan keuangan yang rinci, yang mengakibatkan kerugian dalam perusahaan hingga berujung pada laporan polisi.

Justru, kata Suhadi, apabila melihat dari data persidangan, pelapor yang merupakan Komisaris di perusahaan diketahui dalam waktu yang bersamaan mengambil uang sejumlah Rp 2,4 miliar tanpa ada pertanggung jawabanya.

“Dalam hal ini, Komisaris perusahaan tidak memiliki kewenangan untuk mengelola keuangan perusahaan dalam bentuk apapun. Tindakan ini, dari klien saya akan berkordinasi dengan pihak berwajib hingga membikin laporan lanjutan,” akunya.(nug)