Karyakepri.com
Editor's Picks Internasional

Harus Sabar Menanti Hasil Pilpres di Nevada-Pennsylvania, Kenapa?

Foto: AP Photo

KARYAKEPRI.COM – Hasil pilpres Amerika Serikat (AS) di negara bagian Nevada tampaknya tidak akan diketahui segera. Otoritas Nevada baru saja mengumumkan bahwa tidak akan ada tambahan hasil penghitungan suara yang dirilis hingga setidaknya Kamis (5/11) pagi waktu AS.

Seperti dilansir ABC News, Rabu (4/11/2020), Divisi Pemilu Negara Bagian Nevada menyatakan bahwa proses penghitungan untuk suara awal secara langsung (in-person early votes), suara langsung saat Hari Pemilihan 3 November (in-person Election Day votes), dan suara via pos (mail-in ballots) yang diterima hingga 2 November telah selesai dihitung semuanya.

Namun masih ada suara via pos yang diterima pada Hari Pemilihan 3 November dan suara via pos yang akan diterima sepekan ke depan, serta provisional ballots, yang belum dihitung di negara bagian ini. Jumlah pastinya tidak disebutkan lebih lanjut.

Disebutkan bahwa seluruh pemilih terdaftar di Nevada menerima surat suara via pos untuk pilpres tahun ini. Namun tidak diketahui pasti berapa pemilih yang memang memberikan suara dan mengirimkan kembali surat suara via pos itu ke otoritas pemilu setempat.

“Jumlah surat suara (via pos) yang beredar sulit untuk diperkirakan di Nevada karena semua pemilih dikirimi surat suara via pos. Jelas, tidak semuanya akan memberikan suara,” demikian pernyataan Divisi Pemilu Nevada dalam pernyataannya via Twitter pada Rabu (4/11) pagi waktu AS.

Lebih lanjut ditegaskan oleh Divisi Pemilu Nevada bahwa tidak ada lagi hasil penghitungan yang dirilis hingga Kamis (5/11) pagi, sekitar pukul 09.00 waktu setempat, atau Kamis (5/11) tengah malam waktu Indonesia bagian barat.

Dengan sejauh ini 86 persen suara masuk, menurut laporan proyeksi ABC News, capres AS dari Partai Demokrat, Joe Biden unggul tipis atas Presiden Donald Trump di Nevada, dengan selisih kurang dari 8 ribu suara.