Karyakepri.com
Ekbis Entertainment

Ada yang Hilang dari Varian All New Honda Scoopy

Karya Kepri, JAKARTA – Honda resmi meluncurkan motor baru di Indonesia, yakni All New Honda Scoopy. Skuter matik tersebut dibuka selubungnya pada Selasa kemarin, secara virtual.

Banyak ubahan yang dilakukan PT Astra Honda Motor pada kuda besi bergaya retro tersebut. Mulai dari penggunaan rangka enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF, hingga penambahan Smart Key untuk keamanan dan kenyamanan.

Penggantian rangka ke eSAF membuat bobot All New Honda Scoopy jadi lebih ringan 8 persen dari generasi sebelumnya. Selain itu, kapasitas tangki bahan bakar juga naik menjadi 4,2 liter.

Dengan kombinasi mesin satu silinder 110cc yang dibekali fitur enhanced Smart Power atau eSP terbaru, motor ini mampu melaju 59 kilometer dengan satu liter bensin.

Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya mengatakan bahwa All New Honda Scoopy hadir dalam empat varian, yakni Fashion, Sporty, Prestige, dan Stylish.

“Ada dua tambahan varian, yakni Prestige dan Stylish yang didesain berbeda. Perbedaan dengan dua varian lainnya, yakni penambahan Smart Key dan indikator pada panel instrumen,” ujarnya saat konferensi pers virtual, dikutip VIVA Otomotif, Rabu (11/11/2020).

Smart Key adalah sebuah fitur, yang memungkinkan pengendara menghidupkan mesin dan membuka kunci setang tanpa menggunakan anak kunci. Jadi, cukup dekatkan remote ke motor dan putar tombol yang tersedia.

Tombol tidak akan bisa diputar, apabila remote bawaan tidak tersedia. Fitur ini diharapkan bisa mengurangi tindak kejahatan berupa pencurian kendaraan bermotor, dengan modus merusak lubang kunci.

Namun dengan adanya fitur tersebut, AHM memutuskan untuk menghilangkan satu komponen yang sudah ada sejak lama pada sepeda motor, yakni starter engkol atau kick starter. Sebelumnya, langkah inisudah diterapkan pada Honda Vario 150, Honda PCX 150 dan Honda ADV 150.

“Kami melihat ada konsumen yang tidak membutuhkan kick starter. Ini diterapkan pada varian Prestige dan Stylish. Sebagai gantinya, kami tambahkan fitur indikator baterai (aki) di panel instrumen,” tuturnya.(viv)