Karyakepri.com
Editor's Picks Healthy

6 Tips Menyeduh Teh Hijau Ini Efektif Turunkan Berat Badan

Foto: iStock

Karya Kepri, JAKARTA – Rutin mengonsumsi teh hijau bisa ampuh menurunkan berat badan. Namun, perhatikan juga suhu air yang digunakan. Ini tips menyeduh teh hijau.

Teh hijau bisa menjadi pilihan untuk mengawali pagi. Ada banyak khasiat yang diberikan dari mengonsumsi teh hijau. Salah satunya bisa menurunkan berat badan.

Khasiat teh hijau itu bisa didapat maksimal dengan teknik penyeduhan yang tepat. Dalam proses penyeduhan, suhu air dan lama waktu menyeduh adalah faktor penting.

Keduanya harus sesuai dengan jenis teh hijau itu sendiri. Umumnya, teh hijau baik diseduh dengan suhu air 70 derajat Celcius hingga 80 derajat Celcius.

Dilansir dari Simple Loose Leaf (14/11/19) berikut tips menyeduh teh hijau untuk menurunkan berat badan.

1. Japanese Sencha
Sencha Jepang merupakan teh hijau Jepang yang paling populer. Jenis teh hijau ini memiliki rasa daun dengan sensasi rasa segar dan sedikit manis.

Sencha Jepang juga merupakan jenis teh hijau yang mudah untuk diseduh. Suhu air terbaik untuk menyeduhnya sekitar 80 derajat Celcius.

Untuk waktu menyeduh sekitar 30 detik saja. Atau bisa dengan alternatif lain, yaitu menyeduh dengan suhu air 70 derajat Celcius dengan waktu penyeduhan selama 1 – 2 menit.

2. Chinese pan-fired teas
Berbeda dengan teh hijau China. Jenis teh hijau ini sebaiknya diseduh menggunakan suhu air sekitar 80 derajat Celcius. Untuk waktu penyeduhan sekitar dua menit.

Tiga gram daun teh sudah cukup untuk membuat racikan yang sempurna. Untuk teknik penyiraman ulang, bisa menggunakan suhu air 85 derajat Celcius.

3. Roasted green tea
Jenis teh hijau roasted seperti hojicha sangat mudah dibuat. Jenis teh hijau tersebut memiliki lebih sedikit kafein dan lebih sedikit asam amino daripada jenis lainnya.

Untuk jenis teh hijau ini dianjurkan menyeduh menggunakan suhu air sekitar 8- derajat Celcius hingga 90 derajat Celcius. Dan proses penyeduhan selama 1 – 3 menit.