Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun Kepri

Begini Kondisi Nakhoda dan Awak Ambulans Laut yang Meledak di Karimun

Karya Kepri, KARIMUN – Nahkoda dan KKM Ambulance Laut milik Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Karimun mengalami luka bakar akibat terkena ledakan yang terjadi pada Sabtu (14/11/2020) sore.

Nahkoda yang diketahui bernama Chandra (35) dan KKM bernama Faizul (32) itu saat kejadian sedang berada di dalam kapal ambulance laut. Keduanya langsung dilarikan ke Puskesmas Tanjungbalai Karimun untuk mendapatkan pertolongan medis dan kemudian dirujuk ke RSUD Muhammad Sani.

Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Maswedi mengatakan, sebelum kejadian kapal ambulance laut milik Baznas Karimun itu baru saja selesai melakukan perbaikan fiber di Dermaga sekitar Pelabuhan Sri Tanjung Gelam Karimun.

“Kapal itu baru selesai melakukan perbaikan dan menunggu air pasang untuk keluar dari pantai. Namun, tidak lama kemudian kapal tiba- tiba meledak dan dua ABK kapal termasuk nahkoda dan KKM terkena dampak dari ledakan itu,” kata Letkol Maswedi, Sabtu (15/11/2020).

Ia mengatakan, saat ledakan terjadi seluruh ABK Ambulance Laut sedang berada di kapal, namun satu orang ABK lainnya ketika itu berada di luar kapal, dan melihat langsung ledakan yang terjadi.

“Jadi ABK atas nama Surya itu saat kejadian sedang berada diluar kapal dan melihat langsung ledakan tersebut. Sementara itu, Nahkoda dan ABK lainnya berada di dalam kapal dan terkena langsung dampak ledakan tersebut,” katanya.

Danlanal mengatakan, berdasarkan keterangan saksi, ledakan berasal dari ruang kabin bawah bagian tengah kapal. Akibat ledakan itu, nahkoda dan KKM berada di ruang tengah atau tepatnya diatas kabin yang diduga menjadi sumber ledakan.

“Nahkoda mengalami luka di kepala dan luka bakar sedang di kaki, sedangkan KKM alami luka bakar sedang di kaki,” katanya.

Meledaknya Kapal Ambulance Laut itu saat ini sedang dalam proses penyelidikan oleh pihak kepolisian dari Polres Karimun. Masih belum diketahui penyebab pasti yang mengakibatkan kapal tersebut meledak. (ric)