Karyakepri.com
Editor's Picks Metro

Peringatan Maulid Nabi, Pjs Wako Syamsul Bahrum Bicara Pandemi di Zaman Nabi

Pjs Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum.

Karya Kepri, BATAM – Pandemi Covid-19 kini masih mewabah. Berbagai sektor terganggu. Momentum maulid nabi, setidaknya menjadi inspirasi untuk belajar kepada sejarah terkait pandemi di zaman dulu.

Seperti yang dikatakan Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum. Ia mengajak umat muslim meneladani Nabi Muhammad SAW saat menghadapi wabah atau pandemi.

“Selalu ada pelajaran, hikmah, dan keteladanan pada kehidupan Nabi Muhammad SAW. Selalu ada contoh yang baik,” kata Syamsul usai menghadiri peringatan maulid Nabi di Masjid At-Taubah Bengkong, Batam, Minggu (15/11/2020).

Ia menyampaikan kisah Nabi menghadapi wabah penyakit pada zamannya dulu. Sebagai tindakan pencegahan, Rasulullah SAW, kata dia, memerintahkan untuk tidak berdekatan dengan penderita maupun wilayah yang terkena wabah.

“Rupanya konsep karantina wilayah ini sudah diungkapkan dalam sabda Nabi,” katanya.

Adapun bunyi sabda Nabi tersebut, “Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah maka janganlah kalian memasukinya. Namun, jika terjadi wabah di tempat kamu berada maka jangan tinggalkan tempat itu.”

“Ini penting bagi kita semua, agar wabah yang kita hadapi saat ini bisa dihentikan penyebarannya,” kata dia.

Dalam peringatan maulid Nabi yang dihadiri Habib Muhammad Syahab itu, Syamsul juga mengajak umat memperkuat majelis zikir dalam meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Kemudian, lanjut dia, memperkuat tali persaudaraan di kondisi apapun.

“Terutama di kondisi pandemi ini, mari kita gotong royong saling membantu,” pungkasnya. (ric)