Karyakepri.com
Editor's Picks Healthy

5 Minuman Hangat Untuk Pereda Sakit Tenggorokan dan Imunitas

Foto: iStock

Karya Kepri, JAKARTA – Flu dan sakit tenggorokan sering menyerang saat pergantian musim. Racikan minuman hangat ini bisa redakan sakit tenggorokan dan perkuat imunitas tubuh.

Penyakit yang disebabkan oleh virus seperti batuk, sakit tenggorokan dan flu sering menyerang. Karenanya imunitas atau daya tahan tubuh perlu diperkuat. Salah satunya dengan asupan minuman dan makanan.

Minuman yang diracik dari bahan kaya nutrisi atau rempah memiliki khasiat menyehatkan dan memperkuat daya tahan tubuh. Bukan hanya di Indonesia di India dan Pakistan juga jadi minuman tradisional yang dikonsumsi sehari-hari.

Berikut ini rekomendasi dari Times of India (16/11) beberapa minuman yang dapat membantu menghangatkan badan, mengatasi sakit tenggorokan dan memperkuat imunitas.

1.Teh Jahe
Sejak dulu teh jahe menjadi minuman paling terkenal untuk melegakan tenggorokan. Di rumah, orang tua akan menyarankan untuk mengonsumsi teh jahe bagi anggota keluarganya yang mengeluhkan sakit tenggorokan.

Rasa jahe yang hangat juga temperatur hangat airnya akan membantu tenggorokan menjadi lebih nyaman dengan cepat.

Pastikan jahe telah terseduh dengan baik dengan air panas. Jahe bisa diparut, ditumbuk atau dimemarkan maupun dipotong dadu kecil.

2. Susu Kunyit
Kunyit dikenal sebagai rempah yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Tidak hanya menyembuhkan, kunyit juga mampu melawan beberapa infeksi. Sakit tenggorokan bisa jadi tanda adanya infeksi pada tenggorokan.

Mengonsumsi susu kunyit secara rutin, bisa menyembuhkan tenggorokan yang sakit lebih kurang 1 – 2 hari. Campurkan sedikit merica dan kayu manis untuk menambahkan rasa, aroma, dan khasiatnya agar lebih cepat menyembuhkan.

Tidak harus dengan campuran susu, kunyit bisa saja digunakan dengan cara dilarutkan pada segelas air hangat, sejumput garam serta obat kumur dan gunakan untuk berkumur sebelum tidur.