Karyakepri.com
Editor's Picks Healthy Internasional

Penelitian Terbaru Tunjukkan Obat Kumur Berpotensi Bunuh Virus Corona dalam 30 Detik

Karya Kepri, BATAM – Obat kumur bisa membunuh virus corona dalam 30 detik setelah terpapar di laboratorium. Demikian temuan penelitian ilmiah terbaru.

Awal tahun ini, sebuah tim ilmuwan dari Universitas Cardiff menyerukan perlunya penelitian mendesak untuk memastikan apakah obat kumur efektif dalam mengurangi penyebaran virus corona.

Saat itu, para peneliti menyoroti pentingnya tenggorokan dan kelenjar air liur dalam replikasi Covid-19 dan mengatakan mereka percaya obat kumur berpotensi menghancurkan lapisan terluar atau ‘selubung’ virus, sehingga mencegahnya berkembang biak di mulut dan tenggorokan pada tahap awal infeksi.

Sekarang, tim ilmuwan yang sama telah berbagi temuan awal dari penelitian baru yang menunjukkan “tanda-tanda yang menjanjikan” dari obat kumur yang mampu melakukan hal ini.

Dikutip dari The Independent, Selasa (17/11), penelitian yang dilakukan di Universitas Cardiff, menemukan obat kumur mengandung 0,07 persen bahan cetylpyridinium chloride (CPC).

Para ilmuwan melakukan pengujian di laboratorium universitas dengan meniru kondisi saluran naso/oropharynx seseorang dan menggunakan obat kumur beberapa mereka termasuk Dentyl.

Tanggapan WHO

Laporan mereka, berjudul The Virucidal Efficacy of Oral Rinse Components Against SARS-CoV-2 In Vitro, belum ditinjau oleh rekan sejawat, tetapi mendukung penelitian terpisah yang diterbitkan pekan lalu yang menemukan obat kumur berbasis BPK efektif dalam mengurangi jumlah virus Covid.